Fakta Sirkuit Mandalika MotoGP 2022 yang Harus Kamu Tahu

Berita38 views

Sirkuit Mandalika menjadi tempat untuk gelaran tes pramusim MotoGP 2022 yang berlangsung 11 – 13 Februari 2022  Adapun lokasi sirkuit ini di Lombok Tengah, NTB (Nusa Tenggara Barat ). Berikut ini fakta sirkuit MotoGP Mandalika.

Diketahui, Sirkuit Mandalika ini jadi lokasi terakhir tes pramusim seluruh pebalap sebelum MotoGP 2022 digelar Maret mendatang. Bagi yang penasaran dengan lokasinya, simak berikut ini fakta Sirkuit Mandalika MotoGP yang menarik untuk diketahui.

1. Mempunyai 17 Tikungan

Sirkuit Mandalika dibangun sesesuai area balap tingkat dunia. Sirkuit ini memiliki panjang 4,31 kilometer dengan total 17 tikungan. Selain itu, sirkuit ini juga dilengkapi paddock mencapai 40 garasi yang dibangun permanen. Untuk bagian atasnya dilengkali ruang liputqn dan pers. 

2. Aspal dari Inggris 

Sirkuit Mandalika menggunakan aspal khusus yang didatangkan langsung dari Inggris. Aspal khusus tersebut digunakan untuk lapisan bagian atas trek. Sedangkan, lapisan aspal bagiam bagian bawah trek menggunakan aspal  buatan Indonesia. Selain itu, pagar pembatas  di pinggiran sirkuit juga didatangkan langsung dari Jerman.

3. Kapasitas 195 Ribu Penonton 

Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas sekitar 195 ribu penonton untuk situasi normal. Namun, karena situasi masih pandemi, kapasitas dibatasi 114 ribu penonton. Dengan rincian 40 persen penonton lokal dan sisanya  wisatawan mancanegara.

4. Dikelilingi Kawasan Wisata 

Hal lainnya yangmembuat sirkuit ini begitu menarik yaitu sirkuit ini berada di kawasan destinasi “Bali Baru” yang menawarkan deretan wisata yang begitu memesona. Jadi, penonton bukan hanya bisa menikmati gelaran MotoGP, tapi juga bisa melihat dan menikmati deretan wisata sekitar sirkuit.

Adapun beberapa tempat wisata tersebut yaitu Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Desa Wisata Adat Sade, Desa Wisata Adat Ende, dan lainnya. 

5.  Saingan Sirkuit Sepang Malaysia

Sejak diresmikannya Sirkuit Mandalika Indonesia, kini Sirkuit Sepang Malaysia pun mendapatkan saingan baru. Hal tersebut tak luput membuat Bos Sirkuit Sepang sempat merasa khawatir.

Hal itu dia katakan pada 2019 lalu saat Indonesia masih digadang-gadang menjadi salah satu tuan rumah Moto GP. Razlan Razali khawatir dengan adanya Sirkuit Mandalika akan berdampak terhadap penonton di Malaysia, pada perhelatan Moto GP kedepannya.

Terlepas dari itu, gelaran pramusim MotoGP 2022 ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang menyambangi Indonesia. Dan semoga dengan adanya gelaran ini bisa menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi sport tourism populer di Asia. 

Demikian informasi mengenai fakta Sirkuit Mandalika NTB yang akan menjadi area tes pramusim gelaran MotoGP 2022. Gimana, sudah siap menyambut gelaran pramusim MotoGP 2022?