by

Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Pengguna

Narkoba dan masyarakat tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keadaan masyarakat yang sehat dapat menekan pengguna narkoba seminimal mungkin. Sehingga, apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna tidak terjadi. Minuman keras merupakan narkoba jenis Zat adiktif. Zat adiktif adalah bahan atau zat yang dapat menimbulkan kecanduaan apabila di konsumsi akan berefek ketergantungan sehingga akan sulit untuk dihentikan.

Masyarakat diartikan sebagai orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. Dalam artian, suatu kelompok masyarakat adalah manusia yang saling berinteraksi menurut sistem adat istiadat tertentu secara terus menerus.

Sebenarnya, dampak narkoba bersinggungan langsung karena pengguna narkoba merupakan bagian dari masyarakatnya sendiri. Dengan adanya interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, maka narkoba sebenarnya juga mempunyai dampak bagi lingkungan masyarakat.

Dampak penyalahgunaan narkoba juga bisa mempengaruhi proses interaksi sosial, akibatnya akan terasa pada hubungan, komunikasi, tindakan dari orang-orang disekitar kita. Hal ini akan terjadi apabila Anda tidak segera memutuskan untuk berhenti menyalahgunakan. Oleh karena itu, pentingnya observasi bagi korban penyalahguna narkoba untuk menentukan strategi pemulihan yang tepat.

Apa itu Narkoba?

Pada makalah ini kita akan Mengenal apa itu narkoba? Pada umumnya masyarakat menganggap narkoba adalah hal yang tabu, dampak penggunaan narkoba sudah terbukti berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental penyalahgunanya.

Narkoba bisa terdiri dari ragam jenis zat adiktif di Indonesia. Narkoba singkatan dari Narkotika dan obat obatan terlarang. Narkoba mempunyai kegunaan dunia dalam medis. Namun, disalahgunakan oleh sekolompok tertentu dengan mengolahnya menjadi zat adiktif yang kuat sehingga membuat kecanduan pengguna seperti Sinte, Lsd, Heroindan Kokain. Baca juga uu narkotika yang perlu Anda ketahui.

Seseorang yang memiliki ketergantungan narkoba harus menjalani program rehabilitasi narkoba supaya hidupnya bisa lebih baik lagi.

Apa Dampak Penggunaan Narkoba bagi Masyarakat di lingkungan Pengguna?

Ini Jawaban Dampak narkoba secara langsung bagi penyalahguna berkaitan dengan pemakainya secara fisik dan psikologis. Kandungan bahan kimia berbahaya dapat merusak tubuh. Ketergantungan terhadap narkoba secara berangsur-angsur akan merusak mental.

Masyarakat juga perlu mngetahui apa itu Narkoba dan zat-zat yang terkandung didalamnya, untuk meminimalisr penyebab penyalahgunaan obat terlarang ini.

Dapat Mendorong Tindakan kriminal atau kejahatan

Penyalahguna NAPZA berdampak buruk terhadap lingkungan masyarakat sekitar lantaran terserang gangguan perasaan dan mood yang sangat ekstrim. Apalagi jika latar belakang pemakai adalah seorang tempramental.

Tidak hanya membuat emosi berada pada batas ekstrimya, pengguna narkoba juga mengalami ketidakstabilan emosi yang benar-benar tidak bisa diduga. Beberapa menit selesai pemakaian, penyalahguna bisa dalam kondisi sangat tenang. Namun, hal ini dapat berubah hanya dengan beberapa saat. Tiba-tiba orang yang mengamuk tidak terkendali.

Bisa Menganggu Keamanan dan Ketertiban di Masyarakat

Perasaan aman dalam sebuah masyarakat bisa muncul karena adanya jaminan aman di lingkungan tersebut. Jika jaminan keamanan tidak ada, secara langsung akan berdampak pada ketakutan dan kecemasan di masyarakat.

Penyalahguna narkoba kerap menjadi benalu di tengah-tengah masyarakat. Karena korban penyalahguna narkoba yang sudah telat mengkonsumsi bisa melakukan tindakan krimanal tanpa rasa takut sedikitpun. Hal ini karena pengguna narkoba tidak dapat berfikir jernih.

Dapat Menimbulkan Beban Sosial- Ekonomi

Biaya untuk membeli narkoba tentunya sangat mahal. Harga yang sangat mahal tersebut tidak dijangkau oleh seseorang yang berlatar belakang ekonomi rendah.

Sifat narkoba yang sangat adiktif bagi pengguna membuat pengguna menjual harta, termasuk yang palingg berharga sekalipun. Tidak jarang pengguna narkoba pada akhirnya menjadi miskin.

Dalam skala yang sangat besar, pengguna narkoba juga menjadi beban negara. Lantaran negara berusaha memberantas produksi narkoba yang ilegal peredaran narkoba di pasar pasar gelap dengan menindak pidanakan pelaku dan merehabilitasi penggguna narkoba.

Dapat Merusak Dunia Pendidikan

Pendidikan tidak hanya sebagai tindakan belajar mengajar untuk menambah pengetahuan semata. Namun, juga merupakan instrumen penting bagi kemajuan bangsa. Makna pendidikan sesungguhnya adalah investasi bagi masa depan bangsa.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan. Di antaranya: Bangsa yang tingkat pendidikannya tinggi, akan dapat mengembangkan ekonominya bukan hanya sekedar pertumbuhan ekonomi.

Artikel ini direview oleh: Galih Ega Farrasetia.