Contoh Pelaksanaan Kegiatan Bakti Sosial untuk Remaja

Gaya Hidup8 views

Membantu orang lain yang membutuhkan merupakan kewajiban setiap orang. Manusia sebagai makhluk sosial berarti menjadi makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain atau saling membutuhkan. Ada kalanya seseorang bisa memberi bantuan namun ada kalanya juga ia membutuhkan bantuan. Karena itu penting untuk mengajarkan sikap saling membantu sejak dini. Sebagai contoh adalah pengenalan gotong royong bagi para remaja di waktu sekarang. Perkembangan teknologi membuat remaja justru menjadi pribadi yang kurang bersosialisasi sehingga ada kemungkinan menjadi pribadi yang kurang peka terhadap kehidupan sosial. Karena itu ada baiknya untuk mulai kembali mengajak mereka untuk melakukan kegiatan kemasyarakatan seperti bakti sosial.

Ada banyak contoh dari kegiatan sosial ini yang bisa dilakukan oleh sekelompok remaja tentunya dengan pendampingan dan nasehat dari mereka yang sudah berpengalaman dalam melakukannya. Berikut ini contoh kegiatannya:

Bazar sembako murah.

Membuka bazar sembako murah bisa melatih semangat wirausaha pada remaja sekaligus membuka interaksi sosial dan kepekaannya pada lingkungan. Remaja dapat diikutsertakan mulai dari pencarian donatur, belanja bahan pokok, mencari supplier yang lebih terjangkau hingga menjual kembali dengan harga lebih murah untuk kemanusiaan.

Pengumpulan donasi.

Remaja juga bisa diajak untuk mencari donatur dan mengumpulkan donasi untuk berbagai program kemanusiaan. Misalnya mencari donasi ke perusahaan ataupun lembaga kemasyarakatan, perbankan dan lainnya. Mereka bisa menulis proposal hingga mengantarkannya sendiri sebagai salah satu perwakilan dari organisasi dengan pendampingan tentunya.

Pelayanan masyarakat.

Ada banyak kegiatan yang termasuk di dalamnya misalnya kegiatan pemeriksaan gratis dimana para remaja dengan latar belakang pendidikan medis bisa diikutsertakan. Selain cara di atas masih banyak lagi cara lainnya untuk kembali mendekatkan anak remaja dengan kegiatan sosial. Salah satu contoh lainnya adalah dengan menjadi donatur di Wahana Visi Indonesia. Remaja bisa berdonasi materi, ide, waktu hingga tenaga di berbagai program yang ada di WVI. Tertarik menjadi donatur? Langsung saja cari informasi lebih lengkap di website Wahana Visi Indonesia dan lakukan kegiatan sosial sekarang juga.