by

Cara Mengubah Ukuran JPG

Adanya batas maksimal ukuran foto saat sedang di suruh untuk upload foto, sering kali membuat banyak orang kebingungan. Pasalnya saat ini smartphone kita banyak yang menggunakan kamera beresolusi tinggi yang mengakibatkan hasil jepretan memiliki ukuran besar. Salah satu situs yang melakukan pembatasan foto upload misalnya adalah BKN, SNMPTN, SBMPTN, dan lain sebagainya. Pada tahun 2019 situs BKN selaku penyelenggara pendaftaran online CPNS membuat kebijakan batas maksimal scan dokumen KTP, pas foto, dan swafoto yang berbentuk JPG/JPEG maksimal berukuran 200 kb. Kebijakan ini secara otomatis menggagalkan proses upload foto dengan ukuran melebihi batas 200 kb yang dilakukan pendaftar CPNS.

Untuk mengakali hal tersebut sebagian orang ada yang ber foto dengan kamera aplikasi, seperti whatsapp misalnya. Namun tak sedikit juga para pendaftar yang mngetahui hal tersebut. Mereka masih memilih untuk menggunakan aplikasi kamera bawaan yang ada di ponsel karena dinilai dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus. Untuk mengatasi masalah tersebut sudah ada banyak layanan cara memperbesar ukuran jpg dan mengecilkanya yang dapat dengan mudah kita temukan di pencarian google. Jika ukuran hasil foto kalian dibawah jauh dari 200 kb dan menginginkan ukuran file agar besar, mungkin kalian dapat melakukan beberapa hal dibawah ini agar file yang kalian upload tadi dapat berukuran lebih besar.

Berikut adalah beberapa situs web yang dapat kalian gunakan untuk memperbesar ukuran file jpg:

  • Image Optimizer

Situs web ini sangat kami anjurkan bagi kalian yang ingin memperbesar ukuran file jpg karena simpel dan mudah dipahami. Selain itu image optimizer juga memiliki perangkat lunak yang bisa kita dapatkan gratis untuk komputer yang memungkinkan untuk kita gunakan tanpa jaringan internet. Pada awalnya ketika kita membuka situs web image optimizer ini, secra otomatis langsung disuguhi tawarkan fitur untuk memperbesarkan ukuran file jpg di landing page. Cara menggunakannya cukup sederhana. Klik menu “pilih file” untuk mengambil file yang ingin kalian perbesar ukuranya. Kemudian atur ukuran pixel dan kualitas yang kalian ingikan pada “optimization” mulai dari minimum hingga best. Untuk prses selanjutnya kalian bisa langsung meng klik “optimize now” lalu menunggu beberapa saat. Setelah itu klik “download”. Selesai, kalian bisa langsung melihat hasil dari proses tadi.

  • Waifu 2 X

Jika kita ingin memperbesar ukuran file dengan mudah dan simpel maka sangat dianjurkan untuk menggunakan Situs ini. kalian dapat memperbesar ukuran foto hanya hanya dengan mengklik “Choose a file” lalu ubah skala “upscalling”. Kemudian tinggal convert lalu download selesai. Situs web ini juga dilengkapi dengan “Noise Reduction” yang dapat kalian gunakan untuk mengurangi risiko buram pada file kita.

  • Kraken.io

Untuk dapat memperbesar ukuran foto melalui situs web ini kalian cukup melakukan 3 hal. Pertama, Pilih “File uploader” pada langkah perta ma ini kalian dapat memilih file jpg mana yang hendak diperbesar. Kedua, pilih mode optimasi image. Dan yang terakhir pilih ukuran. Setelah itu kalian dapat menunggu beberapa saat sampai proses selesai, setelah itu kalian dapat mengunduh hasilnya.

Selain dapat mengunggah file melalui file yang ada di ponsel atau komputer, kraken.io juga memberikan layanan bagi kalian yang ingin memperbesar ukuran foto melalui layanan could seperti Google Drive, Dropbox, dan Box. Hal yang perlu diingat output atau hasil akhir dari situs web ini adalah berupa file zip.

News Feed