by

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

-Gigi-14 views

Solusi terbaik saat sakit gigi adalah berobat ke dokter gigi. Dokter gigi biasanya akan memberikan obat pereda nyeri ketika gigi Anda bermasalah dan menyarankan Anda untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyeri mereda. Pilihan lainnya adalahmencari cara mengobati sakit gigi yang bisa dilakukan di rumah.

Cara lain ini dapat meredakan rasa nyeri di gigi sebelum Anda pergi ke dokter gigi. Berikut berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Beberapa pilihan cara mengobati sakit gigi di rumah

Ada banyak hal yang jadi penyebab sakit gigi mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, gigi mau tumbuh, atau perikonitis (peradangan jaringan gusi pada gigi geraham). Namun apa pun penyebabnya, ngilu yang dirasakan biasanya tidak cuma membuat susah makan dan minum tapi juga sampai merambat ke kepala. Inilah cara menghilangkan sakit gigi sebagai berikut:

1. Garam

Berkumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara larutan garam dapat menaikan keseimbangan PH dalam mulut. Selain itu, menciptakan lingkungan beralkaline yang membuat bakteri susah untuk hidup.

Bakteri hanya bisa berkembang biak di lingkungan yang asam dan lembap. Nah, lingkungan tersebut umumnya terjadi karena kondisi mulut kering. Ketika mulut kering, produksi air liur menjadi lebih sedikit, padahal air liur berfungsi untuk menetralisasi keseimbangan PH di dalam mulut.

Berkumur bisa mengurangi kondisi kekeringan pada mulut. Oleh karena itu, cara ini dapat membantu meringankan rasa sakit gigi dan meredakan bengkak pada gusi. Cara mengobati sakit gigi tradisional ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka di area mulut..

Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangat mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

Penggunaan air garam sebagai pereda nyeri gigi sudah ada sejak sejak zaman nenek moyang dulu, lho! Cara alami ini juga dinilai aman dilakukan oleh ibu hamil.

2. Cengkeh

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

Namun, hati-hati dengan risiko iritasi, sesak napas, dan perdarahan jika menggunakan cengkeh. Selain itu, waspadai juga risiko iritasi pada mata akibat tangan langsung menyentuh mata setelah memegang cengkeh. Jadi pastikan cuci tangan segera setelah memegang cengkeh.

Selain itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Maka, pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Keteledoran ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada gusi atau kerusakan jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh juga sebaiknya tidak gunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

3. Daun jambu

Jangan buang daun jambu jika Anda baru saja beli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah.

Merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun jambu sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit.

Tidak suka dengan rasa daun yang pahit? Alternatif lainnya Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat suam kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.