by

Apa Itu Investasi Cryptocurrency?

Investasi mata uang kripto merupakan salah satu instrumen investasi berbentuk mata uang digital mata uang  yang dijamin dengan kriptografi dan transaksinya dilakukan secara virtual. Cara kerja investasi ini menggunakan penyimpanan jaringan blockchain, yaitu sebuah teknologi penyimpanan database dalam blok yang kemudian dirantai bersama.

Sebagai investor, kamu jugaharus bisa menentukan waktu paling tepat untuk membeli atau menjualnya. kamu juga harus Pintar bisa melakukannya secara mandiri menggunakan bantuan platform digital, tentunya bitcoin investment platform ini menjadi satu yang paling terkenal di Indonesia.

Tips Melakukan Investasi Cryptocurrency

Cari Tahu Besaran Biaya Layanannya

Saat melakukan transaksi investasi mata uang kripto, terdapat skema biaya pembelian dan penarikan layanan pada trader. Jadi selain memperhatikan besaran biayanya, perhatikan juga spread. Spread merupakan perbedaan harga order beli paling tinggi dengan harga jual paling rendah.

Biasanya penjual memberi harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan pembeli meminta harga paling rendah sehingga terjadi spread. Selisih spread ini menentukan volatilitas harga dan likuiditas di pasar.

Apa Saja Kelebihan Investasi Cryptocurrency?

Investasi crypto patut dipilih sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Ini terbukti dari jumlah transaksi jual beli orang yang menggunakannya di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan dari investasi mata uang kripto:

1. Peluang Kenaikan Nilai Jangka Panjang

Pada awal kemunculannya tahun 2008 1 bitcoin hanya dihargai sebesar 13 Dollar AS. Harga tertinggi Bitcoin mencapai lebih dari 63,000 Dollar AS. Jika dihitung dalam rupiah sudah lebih dari Rp 900 juta! Kenaikannya diprediksi akan terus meningkat.

2. Bebas dan Cepat

Kelebihan lain dari cryptocurrency adalah instrumen ini tidak terikat dengan regulasi perbankan, tidak ada beban biaya dan sebagainya. Sobat Pintar bebas mengelola sendiri investasi yang dimiliki. 

Selain itu, setiap transaksi bisa langsung dilakukan dengan proses lebih singkat.

3. Terhindar dari Pemalsuan Uang

Penggunaan uang kertas, contoh ketika Sobat menarik tabungan untuk bertransaksi akan cenderung lebih berisiko terhadap pemalsuan. Pada akhirnya, uang Sobat tidak berlaku jika terjadi pemalsuan.  Sedangkan cryptocurrency tidak mengalami resiko pemalsuan karena semua transaksi tidak melibatkan fisik uang.

4. Partisipasi dalam ICO

Menggunakan investasi mata uang kripto artinya Sobat Pintar telah berpartisipasi dalam ICO.  Initial Coin Offering memberikan Sobat Pintar merupakan nilai tambah pada investasi. Jadi, sangat menguntungkan jika memiliki cryptocurrency sebab berkesempatan mendapatkan penawaran tersebut.

5. Identitas Investor Terjamin Aman

Investasi ini memungkinkan Sobat Pintar menyembunyikan identitas, sehingga tidak dapat diakses oleh perusahaan perbankan manapun.  Jadi resiko penyalahgunaan data pribadi untuk tindak kejahatan cyber yang merugikan bisa diminimalisir sejak dini.

Cryptocurrency telah mendapat pengesahan untuk diperjual belikan di Indonesia. Jadi keberadaannya sudah resmi, sehingga tidak perlu lagi diragukan keabsahannya.  Uang crypto dapat diperdagangkan dalam bursa berjangka komoditas namun saat ini belum menjadi alat transaksi finansial di Indonesia.

Tidak ada lagi sanksi dari pihak manapun ketika Sobat Pintar melakukan jual beli sehingga lebih tenang dalam berinvestasi. Uang digital ini masuk sebagai kripto utilitas atau kripto beragunan aset.  Transaksi dilakukan secara digital melalui blockchain, tidak dipengaruhi oleh peraturan pemerintah, namun lebih dikendalikan oleh supply dan demand.

Mata uang kripto memiliki fluktuasi yang cukup tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa tren melakukan investasi mata uang kripto ini mulai merambah hingga di kalangan anak muda. 

Jangan kaget jika mengetahui anak-anak muda jaman sekarang kaya secara tiba-tiba tanpa pekerjaan nyata.  Salah satunya mungkin saja mereka melakukan penambangan Bitcoin atau investasi mata uang kripto yang lainnya.

News Feed