5 Tips Memilih IP Camera CCTV Untuk Mengawasi Lingkungan Kolam Renang di Rumah

Bisnis16 views

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/architecture-hotel-pool-poolside-261327/

Kolam renang adalah area yang biasanya jadi favorit anak-anak. Bermain dan berenang menjadi aktivitas yang tidak boleh terlewatkan saat berada di tempat ini. Namun, sebagai tempat yang mengasyikkan ternyata, area ini rawan dengan hal berisiko tinggi. Misalnya saja terjatuh dan tenggelam. Oleh sebab itu, kini banyak keluarga yang akhirnya berinisiatif untuk memasang ip camera cctv sebagai alat pengawas kegiatan anak-anak.

Terlebih tidak hanya anak-anak yang suka bermain di sini, ada pula kakek atau nenek hingga anggota keluarga lainnya yang suka menemani kegiatan bermain atau berenang anak-anak. Mereka juga termasuk orang yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan di kolam renang jika tidak berhati-hati atau tidak bisa berenang.

Catat, 5 Tips Memilih IP Camera CCTV Untuk Mengawasi Lingkungan Kolam Renang di Rumah

Memasang camera cctv di berbagai titik strategis di rumah saat ini sepertinya menjadi sebuah keharusan. Tujuannya sekarang tidak hanya untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan, tapi juga sebagai upaya preventif bagi anggota keluarga di area yang memiliki risiko tinggi seperti kolam renang. Agar pengawasan melalui kamera cctv bisa berjalan maksimal, pemilihan cctv tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini;

1. Pelajari Jenis CCTV yang Dibutuhkan

Penggunaan IP camera cctv untuk area kolam renang tampaknya bukan hal yang asing lagi. Tidak hanya untuk kolam renang umum saja, bahkan untuk kolam renang pribadi pun sekarang banyak yang menggunakan kamera cctv sebagai bentuk pengawasan.

Pemilihan kamera cctv di area ini tentunya tidak sembarangan karena berada di lingkungan outdoor serta penuh risiko, karena yang banyak bermain di sini umumnya anak kecil yang kadang abai terhadap keselamatannya sendiri.

Design antara cctv outdoor dan indoor jelas saja berbeda. Biasanya cctv outdoor memiliki design yang kokoh serta dilengkapi dengan pelindung tambahan. Adapun guna pelindung tersebut adalah untuk melindungi kamera dari guyuran hujan atau kondisi cuaca apapun. Sebab, cctv outdoor akan terlihat lebih kuat dan kokoh.

2. Membeli Kamera yang Terhubung dengan Smartphone

Dewasa ini penjualan paket cctv semakin mudah ditemukan seiring dengan semakin tingginya pula kebutuhan akan kamera pengintai ini. Namun, sebagai langkah cerdas alangkah baiknya apabila Anda membeli kamera cctv yang bisa terhubung dengan smartphone melalui jaringan WiFi untuk mempermudah melakukan pengoperasian juga pengawasan.

Di samping itu, konektivitas akan lebih baik karena kabel terhubung dengan DVR melalui kabel coax. Tentu saja hal ini akan mendatangkan hal yang efektif dibandingkan menggunakan kamera yang memakai nirkabel.

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan saat menggunakan IP kamera cctv yang terhubung dengan smartphone adalah dapat memantau kondisi area kolam renang kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian pencegahan terhadap hal yang buruk bisa dilakukan bahkan dari jarak jauh sekalipun.

3. Pertimbangkan Kualitas Gambar

Tips penting lain yang tidak boleh diabaikan adalah tentang kualitas gambar yang tersaji dalam kamera cctv. Biasanya berbagai jenis kamera cctv yang ada di pasaran banyak yang menggunakan resolusi HD. Kamera dengan resolusi demikian dinilai mampu menghasilkan gambar dengan jelas dan detail. Namun, yang perlu Anda ingat adalah hanya cctv dengan fasilitas DVR terbaru yang mampu menggunakan kamera HD. Jadi, Anda harus lebih teliti ketika membelinya.

4. Memiliki Penyimpanan Data yang Besar

IP kamera cctv yang ada saat ini memang semakin beragam, tapi yang paling baik adalah kamera cctv dengan detail penyimpanan data yang besar. Mengapa demikian? Sebab, akan lebih banyak hasil rekaman yang dapat disimpan sehingga ketika ingin melihat ulang tidak ada hasil yang terlewat.

Jika ingin menyimpan hasil rekaman lebih banyak, Anda juga bisa menggunakan data penyimpanan di luar kamera yaitu hard drive sebagai penyimpan tambahan. Hal ini diperlukan karena semakin banyak ruang penyimpanan, maka hasil rekaman yang tersimpan pun akan semakin banyak pula.

5. Menentukan Posisi Kamera

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah berkaitan dengan posisi pemasangan kamera cctv. Penentuan ini bertujuan untuk menentukan kamera yang sesuai dengan kebutuhan tempat yang akan dipasang kamera pengintai. Untuk area kolam renang, kamera yang digunakan pastinya berbeda dengan jenis kamera yang digunakan di dalam rumah. Hal ini dimaksudkan karena setiap sudut tempat di rumah memiliki jangkauan berbeda untuk pengambilan gambar.

Penentuan jenis kamera ini biasanya yang paling diprioritaskan karena dapat memperlihatkan banyak aktivitas anggota keluarga atau orang lain yang kebetulan berkunjung.

Jaga Keamanan Kolam Renang dengan Hikvision ColorVu

ip camera cctv

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/white-surveillance-cameras-786123/

Semakin beragamnya paket cctv yang ditawarkan di pasaran sudah pasti akan membuat Anda bingung menentukan kamera cctv terbaik yang akan dipasang di area kolam renang. Akan tetapi, kini Anda tidak perlu bingung lagi karena telah tersedia produk berkualitas dan telah teruji hasil rekamannya memang jauh lebih baik dibandingkan dengan produk lainnya.

Cctv seri ColorVu dari Hikvision telah bertahun-tahun menjadi pilihan terpercaya bagi banyak orang baik untuk kawasan perumahan pribadi, gedung perkantoran, tempat usaha serta tempat umum lainnya. Kualitas kamera cctv produk ini telah terbukti unggul dengan kelebihan sebagai berikut;

1. Merekam Segala Kegiatan dengan Kualitas Warna Terang

Siapapun pastinya menginginkan hasil rekaman kegiatan terlihat jelas, detail dan dengan warna yang jelas. Jika demikian, tidak salah apabila Anda menggunakan produk cctv dari Hikvision karena kamera tersebut memiliki kualitas warna yang terang. Sehingga akan memudahkan saat melakukan pengawasan hasil rekaman.

2. Kecerdasan dalam ColorVu

Produk kamera cctv ini telah menggabungkan teknologi ColorVu dengan AcuSense sehingga detail gambar yang ditangkap akan lebih hidup, hasil rekaman lebih jelas dan dapat membedakan antara objek manusia, kendaraan atau lainnya. Selain itu, kamera cctv ini terhubung ke produk back-end Hikvision dan pengguna akan menikmati pemutaran video yang lebih detail serta dilengkapi dengan pencarian rekaman yang efisien.

3. Resolusi Hingga 4K

Kelebihan lainnya adalah tingkat resolusinya yang tinggi hingga mampu menghasilkan gambar berwarna cerah dalam cahaya redup, bahkan hingga 0,0005 lux. Tentunya akan lebih memudahkan saat ingin melihat hasil rekaman meskipun terjadi saat malam hari.

4. Hasil Kamera CCTV Zoom Dalam Warna yang Cerah

Perbedaan antara produk Hikvision dengan yang lainnya juga terletak pada kelebihannya yang satu ini. Menggunakan kamera cctv Hikvision akan menghasilkan rekaman secara detail dengan warna yang lebih cerah sehingga memudahkan ketika melakukan pengawasan. Kini, Anda tidak kebingungan lagi bukan ketika ingin mencari IP camera cctv terbaik untuk area kolam renang. Produk dari Hikvision memang telah terbukti terbaik dan banyak yang telah membuktikannya. Apalagi harga untuk produknya pun lebih terjangkau. Yuk, tunggu apalagi?