by

5 Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Machine Learning Engineer

-Bisnis-47 views

Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi kecerdasan buatan kian diminati hingga memunculkan profesi learning machine engineer. Agar bisa menekuninya, ada beberapa skill yang diperlukan untuk menjadi machine learning engineer. Sehingga Anda bisa menjalankan tanggung jawab dengan sebagaimana mestinya.

Sebelum mengulas skill yang diperlukan, mari memahami terlebih dahulu apa machine learning itu. Machine learning adalah aplikasi kecerdasan buatan yang membuat sistem mampu belajar dari data dan tidak bergantung pada pemrograman eksplisit.

Pelatihan agar sistem belajar dari data-data dibantu dengan pemrograman yang menggunakan algoritma. Pemrograman tersebut dibuat oleh seorang machine learning engineer.

Mengapa Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Machine Learning Engineer Penting untuk Dikuasai?

Sebuah profesi tentu memiliki tanggung jawab sendiri-sendiri. Begitu pula dengan machine learning engineer. Meski belum terlalu umum, tetapi profesi ini cukup penting dalam perusahaan dan banyak dicari. Sebab itulah lowongan kerja machine learning banyak peminatnya.

Gaji yang diberikan untuk posisi ini terbilang besar, prospek kedepannya juga cemerlang. Hal ini sepadan dengan beratnya tugas juga tanggung jawab yang dijalankan. Sebab itulah penting memiliki skill yang diperlukan untuk menjadi machine learning engineer jika Anda berniat meniti karir di bidang ini.

Tugas seorang machine learning engineer sehari-hari adalah menggunakan platform machine learning seperti Microsoft, Google, IBM, Amazon dan lain sebagainya. Dengan begitu dapat membuat sistem memproses tipe data tertentu serta menjadikannya output rancangan yang diinginkan.

Selain itu machine learning engineer juga bertanggung jawab dalam pengubahan model sains data teoritis ke dalam model level produksi. Terkadang dibutuhkan pula untuk merancang program yang mengendalikan robot juga komputer. Kesimpulannya, profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan algoritma guna pembelajaran mesin atau sistem.

Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Machine Learning Engineer yang Berkompeten

Agar dapat meniti karir serta sukses dalam menjalankan profesi sebagai machine learning engineer. Sebab profesi ini bertujuan membuat komputer mampu untuk belajar. Sebagaimana cara kerja machine learning yang dibuat untuk membuat program yang bisa belajar sendiri. Oleh karena itu, skill yang mumpuni dari seorang machine learning engineer amat mempengaruhi.

1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Sebagai seorang machine learning engineer, penting bagi Anda untuk menguasai bahasa pemrograman. Untuk platform machine learning sendiri umumnya menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, R dan juga Phyton. Namun akan menjadi poin plus ketika Anda bisa menguasai bahasa pemrograman yang lainnya. Seperti Java Script, C++, C dan juga Julia.

2. Paham Ilmu Komputer dan Pemrograman

Skill yang satu ini tidak bisa ditawar dan harus dimiliki. Sebab profesi ini memerlukan skill pemrograman juga ilmu komputer yang memadai. Mulai dari algoritma, penguasaan struktur data, arsitektur komputer dan juga komputasi.

3. Menguasai Statistika dan Probabilitas

Dua ilmu ini amat penting bagi Anda yang berprofesi sebagai machine learning engineer. Sebab umumnya aplikasi statistik yang digunakan untuk menjalankan tugas adalah yang memiliki karakteristik formal probabilitas dan juga turunannya. Disamping itu, pemahaman atas metode analisa seperti ANOVA, uji hipotesis, distribusi dan juga statistika akan membantu dalam menjalani profesi ini.

4. Penerapan Algoritma Machine Learning dan Library

Anda dapat mengakses penerapan atau implementasi algoritma standar melalui library, package maupun API. Apabila dapat menggunakannya dengan efektif, maka mampu membantu Anda dalam menyusun prosedur sesuai data dan juga memilih model yang tepat.

5. Paham Software Engineering dan Desain Sistem

Dengan memahami softaware engineering serta desain sistem, akan menjadikan Anda sebagai machine learning engineer yang andal. Sebab dengan memahami dua hal tersebut, akan memungkinkan Anda menciptakan software yang bermanfaat dalam skala produk juga pelayanan yang lebih luas.

Lima skill yang diperlukan untuk menjadi machine learning engineer tersebut harus bisa Anda pahami dan kuasai. Sebab dengan begitu Anda dapat menjalankan tugas dengan baik di posisi ini. Asah terus kemampuan yang Anda miliki, agar dapat menggapai sukses seperti yang Anda ingini.