WordPress Hosting: Harga Lebih Tinggi, Apa Kelebihannya?

Teknologi5 views

WordPress hosting Indonesia adalah salah satu jenis paket yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Meski belum semua pengguna mengenal WordPress hosting, ternyata jenis paket ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pada hosting reguler (shared) dalam menjalankan website.

Nah, pada artikel ini, Anda akan mengetahui detail hosting WordPress ini mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga alasan mengapa harganya lebih tinggi dibandingkan hosting reguler.

Mengenal WordPress Hosting

Hampir sebagian besar penyedia hosting yang ada di Indonesia memiliki lebih dari satu jenis paket yang ditawarkan. Beberapa jenis paket tersebut di antaranya adalah shared hosting, WordPress hosting, dan sebagainya. Nah, WordPress hosting adalah turunan dari hosting biasanya yang secara khusus hanya menjalankan website berbasis WordPress.

Jika melihat hosting pada umumnya, Anda pasti akan melihat beberapa platform website yang tersedia, seperti WordPress, Joomla, hingga Drupal. Akan tetapi, WordPress hosting ini memang sangat berbeda ketimbang jenis hosting yang lain karena memang benar-benar khusus menjalankan WordPress saja.

Nah, secara logika, karena hanya bisa menjalankan website berbasis WordPress, bukankah harga hosting WordPress seharusnya lebih murah dibandingkan hosting reguler?

Namun, dari pantauan berbagai penyedia yang ada, nyatanya WordPress hosting memiliki harga yang lebih tinggi dibanding hosting reguler, meski tidak jauh. Kira-kira, apa yang membuat harga hosting WordPress lebih tinggi, ya?

Mengapa Harganya Lebih Tinggi?

Seperti yang sudah disebutkan, WordPress hosting adalah jenis layanan yang khusus diperuntukkan bagi website yang menggunakan CMS WordPress. Meski ‘hanya’ WordPress, justru di sinilah yang menjadi salah satu keunggulannya karena memiliki performa yang sangat baik.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena jenis hosting ini telah dioptimasi secara khusus agar dapat menjalankan website dengan maksimal. Selain itu, resource dari hosting WordPress ini lebih besar dibandingkan hosting reguler.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa lebih tingginya harga WordPress hosting dibanding hosting biasa adalah karena performa dan spesifikasinya lebih baik saat menjalankan website.

Tentu aspek harga ini bukan menjadi masalah yang perlu Anda khawatirkan karena selisih harganya tidak jauh. Bahkan, pada beberapa kondisi, Anda akan lebih merasa worth it saat menggunakan WordPress hosting dibanding hosting biasa, lho!

Nah, masih ada beberapa kelebihan dari hosting WordPress yang perlu Anda ketahui. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

Kelebihan WordPress Hosting

Selain performa, ada tiga kelebihan WordPress hosting yang lain berikut ini:

1. Mudah Dikelola

Ketika memilih hosting WordPress, Anda tidak perlu lagi repot untuk melanjutkan proses pembuatan website. Sebab, setelah melakukan pembayaran hosting, website akan secara otomatis terpasang.

Dengan begitu, pengguna pemula yang baru pertama kali berurusan dengan website tidak akan merasa kesulitan saat mengelolanya.

2. Sangat Aman

WordPress hosting termasuk ke dalam layanan managed hosting, yang artinya semua maintenance hingga perbaikan akan dilakukan oleh penyedia secara langsung. Nantinya, ketika server hosting mengalami gangguan, penyedia hosting lah yang akan mengurus semuanya, termasuk masalah keamanan, pencadangan, pengelolaan hardware, dan sebagainya.

Lagi pula, server hosting juga sudah memiliki Imunify360 yang mampu membendung segala ancaman yang membahayakan website dan server Anda. Dengan dua perpaduan (managed hosting dan antimalware), berbagai ancaman siber dapat diminimalisir ketimbang Anda mengelola hosting secara mandiri.

3. Bonus Template Premium!

Hosting WordPress memiliki kelebihan lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni memberikan bonus template website premium secara gratis. Sebagai catatan, biasanya harga template premium lebih mahal dibanding harga hosting itu sendiri.

Namun, ketika Anda membeli WordPress hosting, template premium ini bisa Anda dapatkan dengan gratis.