Tips Mendapat Pinjaman Modal untuk Bisnis UKM

Bisnis29 views

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/men-putting-food-on-a-thermal-bag-4393665/

Bank digital merupakan layanan perbankan dengan menggunakan kecanggihan teknologi dan internet. Layanan ini membantu nasabah pengguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti pembayaran, pengelolaan keuangan, transaksi perbankan, hingga investasi. Fasilitas perbankan yang ditawarkan juga termasuk pinjaman modal untuk pelaku bisnis UMKM.

Geliat bisnis UMKM di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang pesat. Hal ini menunjukkan perputaran roda perekonomian yang bergerak cepat seiring perkembangan zaman. Namun di sisi lain, banyak UMKM yang tersendat bisnisnya terkait masalah modal. Pengajuan pinjaman ke bank umumnya harus memenuhi sejumlah persyaratan dan pemeriksaan dokumen yang memakan waktu lama.

Tips Untuk dapatkan Pinjaman Modal

Bertahan dan mengembangkan bisnis memang tidak mudah, apalagi oleh pelaku bisnis UMKM dengan modal terbatas. Seringkali peluang terpaksa dilewatkan begitu saja akibat perputaran modal yang masih tersendat. Untuk membantu mengatasi masalah pendanaan bisnis, sebenarnya telah banyak lembaga keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman modal. Layanan bank digital juga merupakan jawaban atas kebutuhan modal, khususnya bagi pelaku bisnis UMKM.

Setiap bank atau lembaga keuangan memberlakukan persyaratan dan aturan yang berbeda untuk mendapat pinjaman modal. Sangat bisa dimengerti, karena bank atau lembaga keuangan juga wajib menjaga kestabilan perputaran uang yang dikelola mereka. Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis UMKM yang sedang membutuhkan pinjaman modal tambahan, maka sebaiknya Anda perlu mempelajari tips sukses mendapat pinjaman modal, antara lain sebagai berikut.

1.   Tentukan jenis pinjaman

Tersedia beragam jenis dan produk pinjaman modal yang ditawarkan bank atau lembaga keuangan. Anda perlu menentukan jenis pinjaman apa yang cocok dan sesuai untuk bisnis serta kebutuhan Anda. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda, juga menetapkan aturan dan persyaratan yang berbeda, seperti persyaratan dan verifikasi dokumen, jumlah maksimal pinjaman, tenggat pembayaran, dan persyaratan tambahan lainnya. Tentukan lebih dulu jenis produk pinjaman yang akan diambil di bank digital terpercaya yang telah diunduh di smartphone Anda.

Khusus untuk bisnis UMKM, umumnya tersedia dua jenis pinjaman, yaitu Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi. Kredit Modal Kerja bertujuan untuk memberi pinjaman modal awal bisnis dan modal tambahan bagi pelaku bisnis pemula. Umumnya bank akan memberi jangka waktu pembayaran selama satu tahun. Sedangkan Kredit Investasi adalah pinjaman modal yang dapat digunakan untuk perkembangan usaha menjadi lebih besar lagi. Itu sebabnya, pihak bank atau lembaga keuangan memberi batasan jangka waktu pengembalian lebih panjang, hingga lima tahun.

2.   Pinjaman dengan Agunan atau Tanpa Agunan

Bank atau lembaga keuangan juga menetapkan pinjaman berdasarkan dengan agunan atau tanpa agunan. Pada pinjaman dengan agunan, jumlah nominal yang diberikan disesuaikan dengan nilai taksiran agunan. Biasanya yang dijadikan agunan adalah aset berupa rumah atau toko atau properti lain. Bisa juga berupa kendaraan.

Pinjaman tanpa agunan umumnya berupa KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau pinjaman online. Nominal yang diberikan lebih kecil dan persyaratannya pun lebih mudah. Namun begitu, bunga yang ditetapkan lebih tinggi daripada pinjaman tanpa agunan. Jangka waktu pengembaliannya juga lebih singkat. Pinjaman tanpa agunan dapat diakses dengan mudah melalui bank digital yang dapat diunduh melalui smartphone.

3.   Lengkapi persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan

Dalam formulir pengajuan pinjaman, Anda wajib mengisi seluruh data yang dibutuhkan bank atau lembaga keuangan. Lengkapi pula formulir dengan dokumen yang umumnya diminta, antara lain seperti: KTP, Kartu Keluarga, NPWP, kelengkapan surat usaha (akta usaha, surat domisili, dan lainnya), rekening koran dalam 3 bulan terakhir, laporan neraca keuangan usaha 3-6 bulan terakhir, dan proposal investasi, serta data properti yang diagunkan. Dokumen yang lengkap memudahkan layanan bank digital melakukan verifikasi data ke Bank Indonesia untuk memeriksa kemungkinan terdapat tagihan tertunggak dari pinjaman sebelumnya, serta kesesuaian legalitas dengan unit usaha yang Anda lakukan. Dokumen juga digunakan sebagai lampiran bukti yang kuat atas transaksi pinjam meminjam modal bisnis. Jika lampiran lengkap dan sesuai persyaratan, maka pinjaman modal akan cepat disetujui dan dana segera Anda dapatkan.

4.   Memahami konsep 5C

Dalam aturan bisnis, terdapat konsep 5C, yaitu Capacity, Collateral, Character, Conditions, dan Capital. Konsep inilah yang dijadikan acuan bank atau lembaga keuangan dalam memberikan pinjaman modal untuk bisnis UMKM Anda.

Capacity menunjukkan kemampuan pengelolaan keuangan dalam bisnis Anda untuk mengembalikan pinjaman modal yang diberikan. Collateral merupakan aset yang Anda miliki yang dapat dijadikan agunan atau jaminan atas pinjaman yang diajukan. Character merupakan penilaian objektif terhadap Anda selaku debitur, berupa kepribadian sehari-hari dan latar belakang kehidupan. Sedangkan Conditions merupakan situasi pasar yang mempengaruhi bisnis UMKM Anda. lalu terakhir, Capital merupakan nilai bersih usaha dan hak Anda sebagai pengelola usaha dalam total keuangan dan aset bisnis Anda.

Bank Digital Mitra Terbaik Bisnis UMKM

Kabar baik bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman modal bisnis UMKM. Bank digital memberi kemudahan proses peminjaman, dengan persyaratan yang mudah dan bunga yang kompetitif. Anda tidak perlu repot datang ke kantor cabang dan bisa langsung mengunduhnya melalui smartphone untuk mendaftarkan diri serta mengajukan pinjaman.

Kemudahan layanan perbankan digital merupakan inovasi pemanfaatan teknologi dan internet. Misalnya saja Aplikasi digibank by DBS yang memberikan sejumlah fasilitas perbankan dengan menghadirkan fitur-fitur yang sangat mudah digunakan, antara lain:

  • Transaksi lengkap, aman dan mudah
  • Produk investasi tersedia lengkap serta ada asuransi yang menguntungkan
  • Produk kartu kredit dan pinjaman

Pastikan bisnis UMKM Anda terus berkembang tanpa kendala modal. Jika Anda membutuhkan pinjaman modal, Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS. jadi, tunggu apalagi? Dapatkan informasi selengkapnya di sini.