by

Ternyata Ini Pentingnya Proses Pembekuan Darah Saat Luka

Proses pembekuan darah yang terjadi beberapa hari setelah Anda mengalami luka pada bagian tubuh Anda memang sudah biasa. Pada saat kulit tubuh Anda terluka maka darah akan terus mengalir sampai beberapa waktu dan sebelum akhirnya akan beku dan berhenti. Proses ini merupakan salah satu mekanisme yang sangat penting dalam tubuh manusia. Hal ini berguna untuk mencegah semakin banyaknya darah yang keluar dari tubuh yang diakibatkan oleh luka.

Namun demikian, tidak sedikit orang-orang yang mengalami kelainan saat pembekuan darah tersebut yang terjadi di tubuhnya. Dan hal tersebut sudah pasti akan sangat berpengaruh terhadap munculnya beberapa penyakit lain seperti kekurangan darah. Istilah untuk pembekuan darah tersebut biasanya memang dikenal dengan sebutan hemostatis yang di dalamnya sudah terdapat beberapa fase yang sangat penting yaitu proses pembentukan sumbatan oleh platelet (keping darah) serta fase pembekuan darah.

Berikut ini adalah penjelasan tentang pentingnya pembekuan darah tubuh manusia yang sedang mengalami luka:

  1. Koagulasi atau pembekuan darah memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh. Karena proses ini merupakan salah satu bentuk perbaikan pembuluh darah yang sedang terluka sehingga darah tidak terus mengalir. Proses ini biasanya terjadi karena adanya faktor koagulasi.
  2. Pembekuan darah adalah merupakan bagian yang sangat penting dari hemostatis. Merupakan salah satu bentuk pencegahan dari tubuh untuk mencegah terjadinya pendarahan yang berkelanjutan saat tubuh mengalami luka. Akan tetapi disini tubuh juga memiliki kemampuan untuk mampu mengendalikan sekaligus membatasi sehingga tidak terjadi pembekuan darah yang berlebih dalam tubuh dan mungkin bisa menyebabkan darah menjadi menggumpal. Hal tersebut tentunya juga sangat membahayakan tubuh dan bisa memicu munculnya beberapa penyakit serius yang lain.

Meskipun pembekuan darah memiliki peranan yang penting untuk mencegah semakin banyaknya darah yang keluar dari tubuh manusia saat mengalami luka, Anda juga perlu tahu bahwa terdapat juga beberapa kelainan pembekuan darah sehingga menjadikan pembekuan darah tersebut tidak membeku dengan normal. Keadaan ini biasanya dipengaruhi oleh adanya faktor koagulasi atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan keping darah tersebut tidak mampu menjalankan perannya dengan maksimal. Atau mungkin bisa juga disebabkan oleh tubuh manusia memang memiliki kelainan yang menyebabkan tidak memiliki koagulasi atau platelet yang jumlahnya cukup di dalam darah.

Mungkin bagi sebagian orang yang belum mengetahui, bahwa kelainan yang terjadi pada pembekuan darah tersebut adalah salah satu faktor yang dipengaruhi oleh keturunan. Hal ini berarti dapat dijelaskan bahwa apabila seseorang memiliki kelainan pada pembekuan darah, maka apabila suatu saat dia memiliki keturunan, kelainan tersebut akan diwarisi oleh anak-anaknya. Selain itu juga terdapat jenis kelainan pembekuan darah yang lain yaitu pembekuan darah yang juga disebabkan oleh adanya kondisi medis tertentu. Seperti contohnya yaitu disebabkan oleh penyakit liver.

Kita tahu bahwa proses pembekuan darah memang sangat penting, namun bila berlebihan juga tidak baik bagi tubuh manusia. Ada beberapa penyakit yang mungkin akan mengancam kesehatan tubuh Anda bila terjadi pembekuan darah yang tidak stabil dalam tubuh Anda. Penyakit tersebut adalah serangan jantung. Oleh karena itu, Anda juga perlu waspada untuk menghadapi masalah ini. Maka mulai sekarang berupayalah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari untuk makanan-makanan cepat saji atau junkfood.

News Feed