by

Seperti Apa Sih Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik?

Bagi kamu yang sedang bersiap-siap untuk memasuki  dunia kerja, salah satu hal yang harus kamu persiapkan dengan baik tentu saja adalah surat lamaran kerja. Dalam menulis surat lamaran kerja, kamu tak bisa menuliskannya dengan sembarangan dan harus sesuai dengan format yang tepat. Hanya saja, banyak para pencari kerja yang menulis surat lamaran, namun tidak sesuai dengan format yang tepat.

Pastinya kamu jadi bertanya-tanya ‘kan bagaimana sih sebenarnya contoh surat lamaran kerja yang baik? Nah, supaya kamu tidak lagi penasaran dengan format penulisan surat lamaran kerja yang benar, yuk simak penjelasan dan contohnya di bawah ini.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Umumnya, surat lamaran kerja yang baik harus punya beberapa poin berikut yang ditulis secara berurutan.

Tempat dan Tanggal Penulisan Surat Lamaran

Poin pertama yang harus ditulis dalam surat lamaran kerja adalah tempat serta tanggal penulisan surat lamaran. Ini tidak boleh dilupakan karena menandakan kapan dan dimana surat lamaran ditulis dan sebagai bentuk format penulisan surat yang benar.

Perusahaan yang dituju

Kemudian, dalam menulis surat lamaran pastinya kamu juga perlu menuliskan kemana surat akan dikirimkan. Nah, di sini tentunya tujuan pengiriman surat adalah ke perusahaan. Di bagian ini, kamu harus menuliskan nama dan alamat perusahaan tujuan.

Salam Pembuka

Di bagian ini, kamu mulai membuka isi surat lamaran pekerjaanmu dengan menuliskan salam pembuka supaya bisa terlihat lebih sopan.

Kalimat Pengantar

Berikutnya, di bagian ini kamu harus memulai menulis kalimat pengantar yang  mengapa kamu mengenai alasan mengapa kamu menulis surat lamaran ini.

Biodata Pribadi

Setelah kalimat pengantar sudah selesai ditulis, cantumkan juga secara sekilas biodata pribadi  seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan nomor telepon.

Pengalaman Kerja dan Kemampuan yang dimiliki

Di poin ini, apabila  kamu  sudah  punya  pengalaman   kerja, tidak ada salahnya untuk mencantumkan pengalaman kerja tersebut. Ceritakan sedikit juga kemampuan yang kamu punya supaya HRD yang membaca menjadi lebih yakin dengan surat lamaranmu.

Data yang dilampirkan

Cantumkan pula jenis-jenis data yang kamu lampirkan, seperti CV, fotokopi ijazah, fotokopi data diri, dan data-data lainnya.

Penutup

Sebuah surat yang bagus pastinya dilengkapi dengan kalimat penutup serta salam. Tanpa adanya kalimat penutup, sebuah surat lamaran kerja pasti akan dinilai kurang baik.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Setelah mengetahui format-format penulisan surat lamaran kerja yang tepat, selanjutnya supaya kamu semakin memahami bentuk surat lamaran kerja yang baik, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja yang sudah disiapkan berikut ini.

Jakarta, 20 November 2020

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD

PT Sejahtera

Jl. ABCDE, No. 1, Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan di PT Sejahtera, saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                                                    : Anjani

Tempat & Tanggal Lahir                 : Jakarta, 20 Januari 1996

Alamat                                                  : Jl. Bunga Mawar, No. 123, Jakarta Barat

Agama                                                  : Islam

Pendidikan                                         : S1 Desain Komunikasi Visual

No. Telp                                               : (+62) 888-8888-8888

Sebelumnya, saya mempunyai pengalaman magang selama 6 bulan sebagai desainer grafis di perusahaan media dan pernah bekerja selama 1 tahun sebagai desainer di social media agency. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan:

  1. CV atau Curriculum Vitae
  2. Foto Copy Ijazah
  3. Pas Foto Terbaru
  4. Foto Copy KTP
  5. Transkrip Nilai
  6. Portofolio

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk mengajukan lamaran pekerjaan sebagai desainer grafis di PT Sejahtera Jakarta. Besar harapan lamaran saya dapat dipertimbangkan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam,

Anjani

Nah, selesai sudah penjelasan mengenai surat pekerjaan yang baik, jangan lupa sebelum mengirimkan surat lamaran, pastikan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lalu, jangan sampai ada berkas yang ketinggalan ya. Semoga berhasil!

News Feed