Perbedaan Antara HIIT Cardio dan Latihan Beban: Mana yang Lebih Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup37 views

Dalam upaya menurunkan berat badan, olahraga merupakan salah satu cara yang efektif. Namun, jenis olahraga yang dilakukan juga mempengaruhi keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Dua jenis olahraga yang sering dibandingkan untuk menurunkan berat badan adalah HIIT Cardio dan Latihan Beban. Meskipun keduanya dapat membantu menurunkan berat badan, terdapat perbedaan hiit cardio dan workout. Simak dibawah ini sampai selesai dari sisambal.

HIIT Cardio adalah singkatan dari High-Intensity Interval Training Cardio, yaitu jenis latihan kardiovaskular yang melibatkan gerakan intensitas tinggi selama periode waktu tertentu, yang diikuti oleh periode waktu pemulihan yang singkat. Contohnya adalah lari cepat selama 30 detik, diikuti oleh jalan santai selama 1 menit. Hal ini dilakukan secara bergantian selama beberapa set.

Sedangkan, Latihan Beban adalah jenis latihan yang melibatkan gerakan beban atau resistensi, seperti angkat beban atau pull-up. Latihan ini bertujuan untuk membangun massa otot dan kekuatan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat beban atau berat badan tubuh.

Dalam hal menurunkan berat badan, kedua jenis olahraga ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. HIIT Cardio lebih efektif dalam membakar kalori selama latihan karena melibatkan gerakan intensitas tinggi. Selain itu, HIIT Cardio juga dapat meningkatkan metabolisme basal dalam waktu singkat setelah latihan selesai. Namun, HIIT Cardio tidak efektif dalam membangun massa otot, yang berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori pada saat istirahat tidak terlalu meningkat.

Di sisi lain, Latihan Beban efektif dalam membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme basal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penambahan 1 kg massa otot dapat meningkatkan metabolisme basal hingga 7%. Hal ini berarti, semakin banyak massa otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang akan terbakar pada saat istirahat. Namun, Latihan Beban kurang efektif dalam membakar kalori selama latihan karena intensitasnya yang lebih rendah.

Jadi, mana yang lebih efektif dalam menurunkan berat badan, HIIT Cardio atau Latihan Beban? Jawabannya sebenarnya tergantung pada tujuan dan preferensi Anda. Jika tujuan utama Anda adalah membakar kalori dan meningkatkan kardiovaskular, HIIT Cardio bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme basal, Latihan Beban bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Namun, sebaiknya melakukan kombinasi antara HIIT Cardio dan Latihan Beban untuk hasil yang maksimal. Dengan melakukan keduanya, Anda dapat membakar kalori selama latihan dan meningkatkan metabolisme basal setelah latihan selesai, serta membangun massa otot yang akan membantu meningkatkan metabolisme basal pada saat istirahat.