Peralatan Wajib Pendaki Gunung untuk Safety di Alam

Gaya Hidup62 views

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/couple-trekking-together_19068671.htm#page=2&query=pendaki&position=49&from_view=search&track=sph

Kegiatan mendaki gunung kini sudah menjadi hobi banyak orang. Banyak anak muda yang suka mendaki gunung karena mendapatkan pengalaman seru sekaligus menantang adrenalin. Mendaki gunung bisa dibilang tergolong sebagai olahraga ekstrem karena Anda beraktivitas di alam terbuka, yang bisa terjadi risiko yang membahayakan.

Mendaki gunung memang aktivitas yang seru, namun jangan lupa untuk selalu mengutamakan safety. Ada sejumlah peralatan yang harus Anda miliki untuk keamanan saat mendaki gunung. Sayangnya harga peralatan gunung terbilang tidak murah. Namun tenang saja, Anda bisa melakukan pengajuan kartu kredit online untuk membantu Anda membeli peralatan pendakian.

Kartu kredit adalah salah satu jenis alat pembayaran yang dapat membantu meringankan kebutuhan belanja Anda. Dengan memiliki kartu kredit, Anda bisa membeli berbagai peralatan pendakian dengan pengeluaran yang lebih ringan dan hemat. Kartu kredit memungkinkan Anda melakukan pembelian dan pembayarannya dilakukan dengan cara mengangsur atau dicicil. Biasanya juga terdapat banyak promo bagi penggunanya.

Pengajuan kartu kredit online menjadi solusi bagi Anda yang ingin membeli peralatan pendakian tanpa mengganggu kondisi keuangan Anda. Sebelum itu, Anda harus tahu apa saja peralatan wajib pendaki gunung.

Peralatan Wajib Pendaki Gunung

Seorang pendaki pemula ataupun yang berpengalaman tetap bisa mengalami masalah saat melakukan pendakian, bisa itu tersesat, kedinginan, hingga mengalami cedera serius. Itulah mengapa selain menguasai teknik mendaki, Anda juga perlu memiliki peralatan yang memadai.

Peralatan yang dibawa saat mendaki gunung diibaratkan sebagai senjata untuk modal bertahan hidup di alam liar. Dari sekian banyak perlengkapan, ada beberapa peralatan mendaki gunung yang wajib Anda bawa.

1.   Ransel atau Tas Carrier

Perlengkapan trekking satu ini sangat wajib Anda miliki. Tas carrier berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk membawa berbagai peralatan, logistik, dan pakaian pribadi selama pendakian. Saat memilih ransel untuk pendakian, sebaiknya Anda memperhatikan kapasitasnya, bahan, dan kenyamanan penggunaan.

Ada berbagai jenis tas gunung yang bisa Anda beli, mulai dari tas carrier konvensional hingga carrier UL atau ultra ringan. Ukurannya tas carrier pun bervariasi mulai yang kecil 45L hingga yang terbesar 100L.

2.   Tenda

Tenda merupakan tempat berlindung sementara saat berada di gunung atau di alam bebas. Ada banyak jenis tenda yang bisa Anda pilih menjamin kenyamanan dan keamanan saat mendaki gunung. Saat memilih tenda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti kapasitas, berat, dan juga model.

Anda bisa memilih tenda jenis single layer atau double layer. Pastikan kapasitas tenda yang Anda bawa muat untuk tempat berlindung seluruh kelompok pendakian. Jika tendanya satu lapis atau dua lapis tetapi tidak tahan air, Anda bisa menutupinya dengan terpal.

3.   Pakaian Tebal dan Jaket Gunung

Suhu di gunung sangatlah dingin. Jadi Anda wajib membawa pakaian tebal dan jaket gunung. Usahakan membawa minimal tiga item pakaian untuk pendakian yang berlangsung selama 2 hari 1 malam.

Pakai pakaian tipis saat melakukan summit karena badan Anda akan berkeringat. Sementara saat sudah nge-camp, pakailah pakaian yang tebal karena dingin udara pegunungan akan menusuk kulit Anda. Kemudian pilihlah jaket gunung yang bahannya berkualitas dan tidak tembus udara. Jaket gunung berguna melindungi tubuh dari hawa dingin.

4.   Sleeping Bag

Peralatan wajib satu ini tidak boleh Anda tinggalkan, mengingat suhu gunung terasa lebih dingin saat malam hari. Sleeping bag berfungsi untuk membungkus dan menghangatkan tubuh Anda saat tidur di tenda. Ada banyak jenis sleeping bag, mulai dari double bar, model mumi, dan ada juga model reclining yang bisa dirapikan seperti jaket.

5.   Sepatu Gunung

Alat pendakian selanjutnya yang wajib Anda bawa adalah sepatu hiking. Carilah sepatu yang waterproof atau anti air supaya kaki Anda tidak basah. Pilih juga sepatu yang karet bawahnya bersifat kuat dan tahan lama sehingga cocok untuk segala medan. Selain itu, usahakan juga memilih sepatu yang pas dengan ukuran kaki Anda. Sepatu hiking berfungsi untuk melindungi kaki Anda dari hewan melata, gigitan serangga, hingga risiko cedera.

6.   Perlengkapan Masak

Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-kemeja-lengan-panjang-putih-duduk-di-kursi-6324186/

Energi merupakan modal penting untuk melakukan segala aktivitas. Saat melakukan pendakian, Anda harus punya banyak energi. Itu sebabnya seorang pendaki perlu membawa logistik. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan memasak seperti nesting dan kompor. Jadi Anda bisa memasak makanan untuk mengisi perut dan memulihkan energi..

7.   Headlamp

Lampu kepala atau headlamp juga wajib Anda bawa saat mendaki. Pendaki membutuhkan headlamp saat melakukan perjalanan di malam hari atau kondisi berkabut. Benda ini juga berguna sebagai penerangan saat ingin buang air kecil di tengah malam. Perlengkapan ini menjadi satu-satunya penerangan yang Anda miliki selain cahaya bulan.

8.   Survival Kit

Banyak pendaki yang masih mengabaikan penggunaan survival kit dalam perlengkapan mendakinya. Survival kit adalah sepaket peralatan dan perlengkapan dasar untuk menghadapi situasi darurat di dalam pendakian, seperti tersesat, tergelincir, dan lainnya. Jadi untuk mengantisipasi berbagai risiko tersebut,  bawalah selalu survival kit.

9.   Trekking pole

Sebagian besar pendaki mungkin menolak membawa trekking pole. Padahal benda ini sangat penting untuk dibawa dalam pendakian. Trekking pole berguna untuk memudahkan Anda saat melintasi jalur yang terjal. Selain untuk penyangga beban, Anda bisa memanfaatkan benda ini sebagai alternatif tiang tenda.

10. Jas Hujan

Peralatan wajib yang juga harus Anda bawa adalah jas hujan. Kondisi hujan saat pendakian tentunya sangat merepotkan Anda. Jadi selalu bawa jas hujan saat melakukan pendakian, terutama di musim hujan. Selain berfungsi sebagai pelindung hujan, jas hujan juga bermanfaat sebagai pelindung dingin layaknya jaket anti air.

Menggunakan PermataShoppingCard untuk Membeli Peralatan Mendaki

Jangan nekat mendaki gunung tanpa peralatan yang memadai. Usahakan untuk membeli peralatan pendakian meskipun harganya mahal. Anda bisa menggunakan kartu kredit agar bisa berbelanja lebih ringan dan hemat. Salah satu kartu kredit yang mendukung kebutuhan belanja online Anda adalah PermataShoppingCard dari PermataBank.

Pengajuan kartu kredit online PermataShoppingCard bisa Anda lakukan menggunakan mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Ada berbagai promo yang disediakan untuk menunjang belanja Anda, yaitu adanya program cashback 5% hingga Rp200 ribu dan diskon di berbagai merchant.

PermataShoppingCard juga menawarkan berbagai kelebihan lainnya, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran satu tahun pertama, bisa diakses lewat smartphone, memiliki fitur contactless card, dan sebagainya. Informasi lebih lengkap mengenai kartu kredit ini  bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card