by

Penting! Ini Dia Beberapa Kesalahan Penggunaan Mobile Banking yang Sering Terjadi

Pemanfaatan online banking sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat modern. Anda mungkin juga merupakan salah satu pengguna layanan yang satu ini. Adanya layanan berbasis online memang sangatlah memudahkan masyarakat apalagi di masa pandemi banyak hal yang harus dibatasi. Interaksi secara langsung dengan orang lain harus dikurangi sehingga pelayanan berbasis internet benar-benar memberikan manfaat yang luar biasa.

Layanan tabungan online yang memanfaatkan internet sudah semakin canggih. Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis internet ini melalui m-banking. Di Indonesia sendiri para pengguna m-banking semakin meningkat karena terbukti memudahkan transaksi dan bahkan memudahkan bisnis yang dijalani.

Kesalahan Penggunaan Mobile Banking

Anda sebaiknya ketika menggunakan layanan berbasis internet seperti ini harus berhati-hati. Meski layanan ini memberikan kemudahan yang luar biasa, akan tetapi tetap saja ada resiko yang mengintai.

Banyak pelaku kejahatan yang bisa saja meretas situs atau akun perbankan yang Anda miliki. Hal ini akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerugian yang besar. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan risiko menjadi target kejahatan seperti ini. Anda harus waspada dan menghindari hal-hal yang dapat memperbesar resiko terjadinya tindak kejahatan pada akun perbankan.

  1. Menggunakan Login Otomatis

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh para pengguna online banking adalah mengatur login secara otomatis. Hal ini memang sangat praktis karena anda tidak harus memasukkan kata sandi berulang kali apabila menggunakan aplikasi m banking.

Namun Anda harus sadar jika menggunakan login otomatis sangat beresiko. Apabila ternyata handphone hilang atau mengalami masalah lalu ternyata ada orang lain yang memegang handphone Anda, bisa jadi akun akan diretas dan disalahgunakan.

Pastikan jika Anda mengatur login yang meminta kata sandi atau sidik jari. Dengan begitu tidak semua orang dapat mengakses akun Anda dengan mudah.

  1. Menggunakan Wi-fi Publik

Saat sedang menggunakan m banking, sebaiknya Anda menghindari menggunakan wi-fi publik. resiko terjadi peretasan pada akun perbankan, akan semakin besar karena semua orang bisa saja masuk melalui wi-fi publik tersebut.

Supaya lebih aman, pastikan jika Anda mengakses perbankan online menggunakan wi-fi atau VPN di rumah. Dengan begitu tidak semua orang bisa mengetahui akun Anda dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan yang sangat merugikan.

  1. Tidak Memasang Sandi Pada Ponsel

Banyak dari para pengguna m banking juga tidak memasang sandi pada ponselnya. Pemasangan sandi bukan hanya menjadi pengamanan agar tidak sembarangan orang bisa mengakses aplikasi yang ada di dalamnya. Anda bisa melindungi akun perbankan dengan memasang sandi pada ponsel ini. Buatlah sandi yang sulit ditebak dan hanya anda yang mengetahuinya.

  1. Lupa Mengganti Nomor Sim Card Baru

Para pengguna online banking sebaiknya juga jangan sampai lupa untuk mengganti nomor SIM card lama dengan yang baru. Penggantian perlu dilakukan karena ketika nomor diganti dan tidak didaftarkan ke bank maka ketika melakukan transaksi password penting akan dikirim ke nomor yang lama.

Jika ternyata nomor lama sudah dipakai oleh orang lain tentu akan mudah bagi pelaku melakukan kejahatan seperti membobol nomor rekening. Anda harus menghindari hal ini dan memahami betul pentingnya mengganti nomor yang terdaftar bank apabila ternyata mengganti nomor lama dengan yang baru.

  1. Memberikan PIN Kepada Orang Lain

Kesalahan berikutnya yang juga sering dilakukan adalah memberikan PIN kartu serta memberikan akses kepada orang lain untuk membuka mobile banking. Anda sebaiknya menghindari hal tersebut dan jangan sampai membuat PIN yang terlalu mudah karena akan dapat ditebak oleh pelaku kejahatan.

Aman Bertransaksi dengan PermataMobile X

Anda yang ingin melakukan transaksi yang menggunakan online banking bisa merasakan kenyamanan dan rasa aman dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X. Aplikasi ini sangatlah menarik dan terbukti memudahkan para nasabah. Anda bisa melakukan transaksi mandiri dan menikmati beragam fitur yang ada di dalam aplikasi ini.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi PermataMobile X. Transaksi dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Anda juga bisa menikmati kemudahan dalam melihat mutasi rekening.

Keunggulan lain dari aplikasi PermataMobile X adalah di dalam aplikasi ini terdapat 200 fitur yang semuanya dapat dimanfaatkan oleh nasabah, diantarWanya layanan tabungan giro, kartu kredit, layanan pinjaman, layanan investasi, kemudahan transfer dalam hitungan detik, digital token dan lainnya.

Aplikasi PermataMobile X juga dilengkapi dengan fitur fingerprint dan face ID sebagai perlindungan keamanan juga QR pay untuk mempermudah pembayaran saat belanja dan lain sebagainya. Tak hanya itu, untuk mempermudah Anda membeli produk-produk perbankan, di PermataMobile X juga disediakan fitur PermataStore.

Anda dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X. Jangan ragu untuk melakukan online banking menggunakan aplikasi ini. Pastikan Anda menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kerugian seperti yang telah disebutkan di atas.