Optimalkan Investasi Obligasi Pemerintah dengan 5 Cara Ini!

Gaya Hidup25 views

Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-man-reading-a-newspaper-8369204/

Obligasi, investasi yang lebih dikenal dengan sebutan surat utang ini memang banyak diminati di kalangan investor. Pasalnya, investasi ini menawarkan keuntungan yang menarik terutama pada Obligasi Pemerintah yang menjamin pembayaran jatuh temponya.

Bicara mengenai obligasi, investasi ini ada banyak jenisnya dan investor juga berpeluang memperoleh keuntungan dari pembayaran bunga tetap atau kupon. Artinya, investor dapat meraih keuntungan tambahan selain untung dari capital gain atau selisih jual-beli aset.

5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Investasi Obligasi

Apabila Anda tertarik memulai obligasi, sebaiknya perlu mengetahui sejumlah hal penting terkait investasi tersebut. Berikut beberapa hal utama terkait investasi obligasi.

● Ada Banyak Jenis Investasi Obligasi

Jenis investasi ini yang paling umum dikenal adalah Obligasi Pemerintah, namun sebenarnya ada yang lainnya seperti Obligasi Korporasi atau swasta dan Obligasi Pemerintah daerah. Jenis obligasi ini sesuai pihak yang menerbitkan surat utang.

● Obligasi Pemerintah Dinilai Paling Aman

Banyak investor merekomendasikan untuk memilih obligasi yang diterbitkan pemerintah karena dinilai paling aman. Surat utang atau aset yang dikeluarkan pemerintah telah diatur dalam undang-undang sehingga menjamin pembayarannya kepada investor.

Selain itu, obligasi dari pemerintah cenderung stabil dan tetap nilainya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Obligasi Pemerintah adalah investasi yang paling aman karena ada payung hukum yang melindungi.

● Prosedur Investasi Obligasi Bisa Melalui Pihak Ketiga

Bagi Anda yang merasa bingung cara berinvestasi obligasi, maka tidak perlu memusingkan hal tersebut. Anda dapat memanfaatkan platform investasi yang aman dan berperan sebagai pihak ketiga atau perantara untuk membeli aset.

Mengenai hal tersebut, pastikan memilih platform investasi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini sangatlah penting untuk menjamin legalitas dalam berinvestasi.

● Risiko Investasi Obligasi Cenderung Rendah

Salah satu alasan investasi ini banyak dipilih investor, yakni karena risikonya yang cenderung rendah. Bisa dikatakan risikonya relatif lebih rendah dibandingkan investasi saham yang nilainya sangat fluktuatif.

Sebab itu, investasi ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik berinvestasi pada aset yang sifatnya low risk.

● Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Umumnya, makin kecil risiko tentu keuntungan yang diperoleh juga tidak terlalu besar. Maka dari itu, obligasi lebih tepat dipilih sebagai investasi jangka panjang karena memang butuh waktu untuk memperoleh keuntungan dalam skala besar. Untuk waktu jatuh temponya sendiri, surat utang dapat dibuat lebih dari 5 tahun.

5 Strategi Investasi Obligasi agar Untung Maksimal

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-komputer-bisnis-mencari-5831522/

Namanya investasi pasti butuh strategi, termasuk pada obligasi. Berikut sejumlah tips atau strategi yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan keuntungan dan berinvestasi obligasi.

● Tahu Cara Mengatur Strategi yang Tepat

Kunci dari keberhasilan dalam berinvestasi tidak lain adalah mengatur strategi yang tepat. Strategi tersebut meliputi tujuan investasi, modal yang ada, platform investasi, jenis investasi, dan pastinya tingkat risikonya.

● Pemilihan Tepat Penerbit Surat Utang

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, keuntungan investasi ini juga bergantung dari penerbitnya. Pastikan memilih obligasi yang diterbitkan oleh pihak yang terpercaya seperti pemerintah baik pusat maupun daerah karena dilindungi oleh undang-undang.

Obligasi korporasi juga menarik untuk Anda coba, tapi wajib mengenali karakter dari penerbit surat utang. Hal ini dikarenakan untuk meminimalisir kesalahan memilih penerbit yang gagal membayarkan kewajibannya sehingga merugikan investor. Sebab itu, sudah seharusnya Anda tahu track record penerbit obligasi.

● Memahami Kondisi Pasar

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi pasar, diantaranya kebijakan tingkat suku bunga BI, stabilitas ekonomi (makro), pergerakan pasar, dan lainnya. Dihimbau untuk membeli produk obligasi saat kondisi pasar stabil atau pada aset yang turun nilainya dan berpeluang naik di masa mendatang.

●  Ketahui Waktu yang Tepat untuk Bertransaksi

Keuntungan obligasi yang Anda peroleh akan maksimal jika berhasil menjual produk investasi tersebut pada waktu yang tepat. Maksudnya, membelinya pada saat harganya rendah dan menjualnya ketika naik nilainya sehingga besar keuntungan yang didapatkan.

● Tahu Cara Mengelola Risiko Suku Bunga

Apabila nilai suku bunga naik, maka pokok pinjaman yang jatuh tempo bisa Anda investasikan pada tingkat yang lebih tinggi. Namun, Anda masih bisa menyelamatkan portofolio meski nilai suku bunganya sedang turun selama kepemilikannya dalam jangka panjang.

Praktis Investasi Obligasi Pemerintah Lewat DBS Treasures

Sudah bukan rahasia lagi jika obligasi yang diterbitkan Pemerintah banyak dipilih. Meski begitu, akan lebih menguntungkan lagi apabila Anda memilih mitrainvestasi yang tepat seperti perbankan prioritas DBS Treasures karena menawarkan banyak manfaat sebagai berikut.

● Tersedia Kupon Reguler

Investor berpeluang mendapatkan kupon reguler yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi.

● Potensi Memperoleh Capital Gain

Sejumlah obligasi yang berhasil dijual sebelum jatuh tempo dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga asetnya.

● Ada Kupon Kompetitif

Obligasi yang tersedia di DBS Treasures menawarkan tingkat kupon yang di atas rata-rata dari besarnya bunga Deposito berjangka.

● Bebas Biaya Tambahan

Investor tidak akan dikenakan biaya tambahan, hanya perlu membayar spread atau selisih antara harga jual dengan harga beli (bid dan offer).

● Bebas Transaksi 24/7

Investor berkesempatan mengatur investasi bebas selama 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS.

● Didukung oleh Tim Ahli Finansial Terpercaya

DBS Treasures merupakan  mitrainvestasi yang mendukung proses investasi melalui analisis pasar yang terakurasi oleh tim ahli finansial. Anda berpeluang meraih keuntungan optimal yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio.

Di sisi lain, DBS Treasures dilengkapi dengan Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight ini dilengkapi dengan solusi akurat mengenai investasi (Grow) dan asuransi (Protect). Dengan begitu, Anda bisa yakin berinvestasi secara cepat melalui media sesuai preferensi.

Demikian info seputar investasi tersebut dan semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba diversify aset dalam berinvestasi. Informasi Obligasi Pemerintah melalui DBS Treasures juga bisa Anda ketahui lebih lanjut melalui link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.