by

Mengenal Genset Diesel

Generator diesel (DG) (juga dikenal sebagai genset diesel) adalah kombinasi mesin diesel dengan generator listrik (sering kali sebagai alternator ) untuk menghasilkan energi listrik . Ini adalah kasus spesifik mesin-generator. Mesin pengapian kompresi diesel biasanya dirancang untuk bekerja dengan bahan bakar diesel, tetapi beberapa jenis disesuaikan untuk bahan bakar cair atau gas alam lainnya.

Genset diesel digunakan di tempat-tempat tanpa koneksi ke jaringan listrik, atau sebagai catu daya darurat jika jaringan gagal, serta untuk aplikasi yang lebih kompleks seperti lopping puncak, dukungan jaringan dan ekspor ke jaringan listrik.

Ukuran generator diesel yang tepat sangat penting untuk menghindari beban rendah atau kekurangan daya. Ukuran diperumit oleh karakteristik elektronik modern, khususnya beban non-linier. Dalam rentang ukuran sekitar 50 MW ke atas, turbin gas siklus terbuka lebih efisien pada beban penuh daripada serangkaian mesin diesel, dan jauh lebih kompak, dengan biaya modal yang sebanding; tetapi untuk pemuatan sebagian biasa, bahkan pada tingkat daya ini, susunan diesel terkadang lebih disukai daripada turbin gas siklus terbuka, karena efisiensinya yang superior.

Kombinasi paket mesin diesel , generator, dan berbagai perangkat tambahan (seperti alas, kanopi, redaman suara, sistem kontrol, pemutus sirkuit, pemanas mantel air, dan sistem start) disebut sebagai “genset” atau “genset”. ” Singkatnya.

Set ukuran berkisar dari 8 hingga 30 kW (juga fase tunggal 8 hingga 30 kVA) untuk rumah, toko kecil, dan kantor dengan generator industri yang lebih besar dari 8 kW (11 kVA) hingga 2.000 kW (2.500 kVA tiga fase) yang digunakan untuk kantor besar kompleks, pabrik, dan fasilitas industri lainnya. Set 2.000 kW dapat ditempatkan dalam wadah ISO 40 kaki (12 m) dengan tangki bahan bakar, kontrol, peralatan distribusi daya, dan semua peralatan lain yang diperlukan untuk beroperasi sebagai pembangkit listrik mandiri atau sebagai cadangan siaga untuk daya jaringan. Unit-unit ini, yang disebut modul daya, adalah genset pada trailer tiga gandar besar dengan berat 85.000 pound (38.555 kg) atau lebih. Kombinasi modul ini digunakan untuk pembangkit listrik kecil dan ini dapat menggunakan satu hingga 20 unit per bagian daya dan bagian ini dapat digabungkan untuk melibatkan ratusan modul daya. Dalam ukuran yang lebih besar ini, modul daya (mesin dan generator) dibawa ke lokasi dengan trailer secara terpisah dan dihubungkan bersama dengan kabel besar dan kabel kontrol untuk membentuk pembangkit listrik tersinkronisasi lengkap. Sejumlah opsi juga tersedia untuk menyesuaikan kebutuhan spesifik, termasuk panel kontrol untuk mulai otomatis dan paralel listrik, kanopi akustik untuk aplikasi tetap atau bergerak, peralatan ventilasi, sistem pasokan bahan bakar, sistem pembuangan, dll.

Generator diesel tidak hanya untuk daya darurat, tetapi mungkin juga memiliki fungsi sekunder untuk mengalirkan daya ke jaringan utilitas baik selama periode puncak, atau periode ketika ada kekurangan pembangkit listrik besar. Di Inggris, program ini dijalankan oleh jaringan nasional dan disebut STOR.

Agar genset diesel bisa bekerja optimal dan tahan lama perlu adanya perawatan https://sewatama.com/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/ untuk informasi mengenai genset diesel lainnya dapat mengunjungi Sewatama.com.

News Feed