by

Langkah Periksa Ketika Mengalami Gejala Virus Corona

Semua orang tentunya tidak ingin tertular virus corona yang merupakan menjadi krisis kesehatan global yang menyerang berbagai negara di dunia. Oleh karena itulah banyak yang secara serius menyikapi masalah ini yaitu dengan cara tidak melakukan berbagai upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Akan tetapi ketika Anda merasakan gejala yang bisa menjadi indikasi corona, Anda juga harus segera untuk memeriksakannya ke pusat layanan kesehatan terdekat. Dimana langkah yang dapat dilakukan untuk periksa dengan aman adalah sebagai berikut ini:

  • Konsultasi terlebih dahulu

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu. Anda tidak dapat untuk langsung datang ke pusat layanan kesehatan dan meminta untuk melakukan tes corona yang tersedia. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memeriksakan diri. Misalnya untuk langkah pertama adalah dengan mengerti ciri-ciri apabila terinfeksi corona. Karena banyak dari gejalanya juga sama dengan penyakit ringan lainnya. Oleh karena itulah bagi Anda yang mengalami gejala bisa untuk berkonsultasi terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat dari tenaga medis yang berpengalaman. Apabila sudah menyatakan gejala yang dialami tetap ternyata hanya penyakit biasa maka hal tersebut tidak perlu untuk dikhawatirkan. Sedangkan apabila rujukan yang diberikan harus periksa maka segeralah memeriksakan diri dengan langkah yang aman.

  • Mengontak rumah sakit

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kontak dengan rumah sakit. Anda bisa untuk memilih rumah sakit yang terdekat sehingga akan membuat lebih mudah menuju ke tempat tersebut dan menghindari penularan ke orang lain. Oleh karena itulah bisa memilih rumah sakit terdekat dan berikan pertanyaan mengenai apa saja yang harus dilakukan apabila akan menjalankan tes. Dengan melakukan kontak ke rumah sakit juga mempunyai kesempatan untuk dijemput ketika akan melakukan tes sehingga menjadi lebih aman untuk orang lain.

  • Menggunakan masker

Akan tetapi apabila tidak ada fasilitas penjemputan Anda juga bisa untuk memperhatikan untuk datang ke rumah sakit dengan cara yang aman. Pertama tentunya dengan menggunakan masker sehingga tidak akan mempunyai resiko penularan ke orang lainnya. Anda bisa menggunakan masker standar yang memang mempunyai manfaat ketika digunakan yaitu dapat menghindari percikan agar tidak keluar dan dapat menjadi salah satu resiko penularan ke orang lainnya.

  • Menghindari kendaraan umum

Ketika sedang sakit dan mempunyai gejala virus corona maka juga harus menghindari kendaraan umum. Karena penularan virus ini sangat mudah terjadi sehingga akan lebih untuk menjaga jarak dan menghindari kontak dengan orang lain. Anda bisa untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika akan ke rumah sakit dan harus sangat menghindari kendaraan umum seperti busway, kereta, ataupun angkot yang tidak mempunyai jarak sehingga memudahkan virus untuk menular.

  • Datang ke rumah sakit dengan tenang

Ketika tiba di rumah sakit juga usahakan untuk tidak panik, karena apabila masih dalam gejala ringan dan mempunyai kesehatan yang baik tanpa penyakit kronis maka kesembuhan untuk cepat pulih juga lebih besar. Untuk langkah pertama terlebih dahulu adalah dengan melakukan pemeriksaan virus corona dan apabila hasilnya positif maka akan segera harus diisolasi. Bagi yang mempunyai gejala ringan juga bisa melakukan isolasi di rumah yang dapat memperhatikan banyak tips yang bisa digunakan agar aman untuk anggota keluarga lainnya seperti tips isolasi aman yang bisa dilihat di Halodoc.

News Feed