by

Kenapa Kecepatan Website Itu Sangat Penting Bagi SEO? Ini Jawabannya

Website atau blog merupakan suatu cara yang banyak dilakukan oleh banyak orang di masa sekarang. Sebab, dengan perantara ini banyak orang di internet yang justru meraup keuntungan yang tidak sedikit dari jasa ini. Keuntungan lainnya tidak lain dalah bisnis atau cara usaha seperti ini tidak terdampak adanya pandemi karena semua kegiatannya dilakukan secara online dan kapanpun.

Kaitannya dengan blog atau website, ada hal yang kadang dilupakan oleh seorang pemula yaitu terkait kecepatan websitenya. Banyak dari mereka ketika blognya di buka itu prosesnya lama sekali padahal koneksinya internetnya stabil. Hal seperti ini tentu harus dihindari karena ini sangat penting bagi kehidupan blog atau website tersebut.

Rangking Google

Hal paling utama terkait dengan kecepatan website ini adalah ada hubungannya dengan ranking Google. Semakin cepat website tersebut dibuka semakin cepat dan bagus juga Google menilai akan hal ini. Dalam peraturan terbaru Google menerap jika website ini setidaknya bisa dibuka dengan jangka waktu kurang dari 3 detik.

Untuk itu jika kamu masih memiliki website tetapi masih loading, kamu bisa coba jasa optimasi speed website. Dengan itu maka speed website yang kamu miliki akan semakin ringan dan sesuai dengan ketentuan dari Google. Tidak hanya itu, kecepatan website ini juga terkait dengan user experience. Dimana jika situs kamu sudah tidak atau kurang disenangi pengunjung maka akan sudah masuk halaman satu Google.

Kesan Pengguna

Situs website yang memiliki tingkat kecepatan yang sangat tinggi pasti akan memiliki kesan yang sangat baik dari para pengguna. Hal ini tentu karena mereka ingin sekali mendapatkan informasi dari situs yang dibukanya tersebut. Jika situs atau website yang dibukanya mengalami keterlambatan maka kesan mereka akan semakin buruk pada website tersebut.

Bahkan dalam sebuah penelitian dikatakan jika orang yang suka belanja online dan mendapati website mengalami keterlambatan maka 78% dari mereka tidak akan kembali. Hal ini tentu membuat mereka kecewa dengan website tersebut karena mereka begitu mengharap tetapi harapannya palsu karena faktor lambatnya situs tersebut.

Convertion Rate

Sebuah situs atau website yang mengalami keterlambatan padanya akan berpengaruh besar pada bisnis yang dijalankannya. Menurut penelitian yang ada 1 detik website ini terlambat maka konversinya menurun sekitar 7%. Ini baru 1 detik bagaimana jika proses ini mengalami keterlambatan hingga belasan detik.

Hal ini tentu akan membuat bisnis yang dijalaninya semakin turun ratingnya di mesin pencari. Dengan itu, kecepatan website ini memang harus benar-benar diperhatikan oleh banyak orang yang terjun di dunia online. Kesalahan sedikit saja pada bagian ini akan membuat usaha kamu semakin kurang diminati pelanggannya.

Itulah beberapa hal terkait pentingnya kecepatan suatu website yang harus kamu perhatikan, khususnya bagi yang punya usaha di dunia online. Sejatinya secara umum selain dari butuh optimasi kecepatan website, kamu juga perlu adanya jasa SEO terbaik. Sebab, antara SEO dan kecepatan website ini memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Dengan itu, maka kamu harus bisa lebih sering mengecek kualitas dan kecepatan website yang kamu miliki. Jangan samapi hanya masalah kecepatan website saja, bisnis yang kamu jalankan bisa mengalami penurunan. Hal seperti ini memang sepele tetapi jika diabadikan efeknya tentu akan membuat situs kamu tidak lagi dipercaya dan juga usahanya akan mengalami penurunan yang signifikan.

News Feed