Ingin Tampil Beda? Ini Dia Rekomendasi Kain Tenun Khas Indonesia

Gaya Hidup39 views

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/a-woman-in-traditional-dress-smiling-while-posing-on-the-bridge-5937357/

Tak hanya makanan, Indonesia juga kaya akan karya tekstilnya yang bernilai tinggi. Tenun khas Indonesia menjadi salah satu karya tekstil yang sudah sangat populer di dunia. Kain tenun pun juga sering dipadupadankan dalam busana kekinian.

Kamu bisa mengoleksi kain tenun khas Indonesia secara praktis dengan pengajuan kartu kredit termudah lewat Kartu Kredit Digital.

Tak hanya sekedar sebagai fashion, kain tenun juga memiliki nilai estetika dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika banyak kalangan gemar mengoleksi kain tenun Indonesia dari berbagai daerah. 

Rekomendasi Kain Khas Tenun Indonesia untuk Mix and Match Style Kekinian

Terdapat beberapa rekomendasi kain tenun khas tanah air yang bisa kamu mix and match dalam kegiatan sehari-hari. Apa saja? Berikut rekomendasi kami untuk kamu. 

  • Songket  Minangkabau

Suku Minang sering menggunakan songket dalam berbagai acara, baik itu pesta pernikahan hingga saat melakukan upacara adat. Menurut sejarahnya, songket di tanah Minang berasal dari Kerajaan Sriwijaya di mana saat itu banyak orang belum mampu menulis hingga menjadikan songket sebagai sarana berekspresi. 

Jika diperhatikan secara lebih detail, setiap songket Minang menghadirkan simbol-simbol yang berbeda. Motif paling populer dari songket Minangkabau ialah motif Kaluak Paku dan Pucuak Rabuang.

Kedua motif ini juga memiliki nilai falsafah yang mendalam. Kaluak Paku memiliki makna introspeksi diri sedangkan Pucuk Rabuang melambangkan proses hidup yang bermanfaat.

Setiap orang yang mengenakan songket tak hanya sekedar menganggapnya sebagai penutup tubuh tetapi juga mengamalkan dan mendalami nilai-nilai hidup pada setiap jenis kain songket tersebut. 

Jika kamu berencana untuk membeli songket khas Minang maka silahkan membelinya dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit saja. Selain lebih mudah, kartu kredit juga menawarkan banyak promo menarik lainnya.

  • Songket Palembang

Songket Palembang juga menjadi salah satu jenis songket yang banyak digemari. Motifnya yang indah menjadikan songket Palembang sering dipadupadankan dalam outfit kekinian saat ini. Sejak dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia di tahun 2013 silam, songket Palembang makin populer hingga ke mancanegara. 

Tak hanya keindahan motifnya, songket Palembang juga sarat akan nilai-nilai filosofisnya. Makna kehidupan yang sangat kental dibalik songket Palembang sendiri ialah kemakmuran, keberanian dan kejayaan. 

Beberapa jenis songket Palembang yang paling populer di antaranya ialah Songket Lepus, Songket Tabur, Songket Bunga, Songket Limar, Songket Tretes, dan Songket Rempak. Karena bahan dan proses pembuatannya yang terbilang rumit, songket Palembang dijual dengan harga cukup mahal di pasaran. 

Jika tertarik untuk menggunakan songket Palembang sebagai bagian dari fashion sehari-hari kamu silahkan membelinya dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit. 

  • Tenun Lombok

Jika membahas tentang kain tenun khas nusantara, tak lengkap rasanya tanpa membahas tenun Lombok. Kepopuleran tenun Lombok tak hanya menarik perhatian banyak pecinta fashion tanah air, tenun Lombok juga diburu oleh para kolektor kain dari penjuru dunia. 

Proses pembuatannya yang mampu memakan waktu puluhan hari hingga keindahan yang dihasilkan dari tiap tenunannya menjadikan tenun Lombok sebagai salah satu kain tradisional populer. Perlu kamu tahu setiap proses pembuatan tenun Lombok juga masih menggunakan cara tradisional. Bahkan, penggunaan kapas dan pewarnanya pun terbilang masih sangat alami. 

  • Kain Sutra Bugis

Di tanah Sulawesi sendiri, tepatnya di Makassar, Sulawesi Selatan, terdapat pula kain tenun khas Bugis yang terbuat dari kokon atau ulat sutra. Dahulu kala, ulat sutra dijadikan bahan baku utama pembuatan baju bodo yang merupakan busana tradisional khas masyarakat suku Makassar. 

Setiap motif yang ada pada kain tenun sutra Bugis memiliki makna yang berbeda-beda. Motif kotak dilambangkan sebagai tanda apakah pemakainya masih lajang atau telah memiliki pasangan. 

Motif Ballo Renni sering digunakan oleh para wanita lajang sedangkan motif Balo Lobang dengan ukuran lebih besar serta warna merah yang terbilang mencolok diperuntukkan untuk laki-laki yang masih lajang. 

Saat ini, banyak perancang busana yang melakukan mix and match kain tenun Bugis dengan outfit kekinian. Bahkan, banyak pula tokoh dan artis kenamaan yang memakai tenun Bugis sebagai bahan utama gaun pesta pernikahan mereka. 

Untuk bisa memiliki gaun tenun Bugis idaman secara lebih praktis, silahkan melakukan pengajuan kartu kredit termudah.

Cara Merawat Kain Tenun 

Merawat kain tenun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa teknik khusus yang perlu kamu ketahui. 

  • Teknik Mencuci dengan Tangan 

Umumnya, kain tenun tak perlu dicuci secara rutin. Kamu cukup mencucinya seusai menggunakannya saja. Untuk menjaga kain tenun tetap awet dan bagus, cucilah kain tenun menggunakan tangan saja. 

  • Teknik Menjemur 

Teknik menjemur kain tenun juga berbeda dengan pakaian biasanya. Kamu perlu mengurut kain dari bagian atas lalu ke bawah. Setelah itu, kibas-kibaskanlah hingga agak mengering. Jemurlah kain tenun di area yang tidak terkena oleh sinar matahari langsung untuk menghindari pemudaran warna pada kain. 

  • Teknik Menyetrika

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/a-person-ironing-cloth-13072969/

Pastikan untuk memilih suhu yang tidak terlalu tinggi saat menyetrika kain tenun. Pasalnya, kain tenun dapat cepat memudar pada suhu yang panas. Untuk mencegahnya, cobalah menggunakan pelapis di atas kain tenun saat menyetrika. 

  • Teknik Menyimpan

Setelah melewati proses mencuci, menjemur dan menyetrika, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui teknik menyimpan kain tenun yang baik dan benar. Berbeda dengan pakaian lainnya, kain tenun disarankan untuk disimpan di lemari dengan cara digantung dan bukan dilipat. 

Keindahan dan proses pembuatan kain tenun khas nusantara memang sangat menarik. Tak heran jika kain tradisional ini juga menarik perhatian banyak kalangan. Mulai dari memadukan kain tenun dengan outfit kekinian hingga menggunakannya sebagai bahan utama gaun pesta pernikahan. 

Jika tertarik untuk mengoleksi rangkaian tenun khas Indonesia, silahkan membelinya secara praktis dengan pengajuan kartu kredit termudah bersama Kartu Kredit Digital digibank by DBS. Informasi lebih lanjut bisa di cek di sini.