by

Apa Itu Local SEO dan Cara Optimasi Google Maps

-Bisnis-23 views

Beberapa tahun terakhir, penggunaan Local SEO kian marak, terutama oleh perusahaan kecil maupun multi local. Lewat SEO ini, mereka bisa menjual produk atau jasa mereka dalam skala lokal secara efektif.

Kalau Anda pelaku usaha kecil atau multi local yang baru merintis, memakai Jasa SEO ini sangat penting. Kalau belum tahu seperti apa sih optimasi SEO itu, jangan khawatir. Disini, kami akan jelaskan seluk-beluk SEO itu yang bisa disimak di bawah ini!

Apa itu Local SEO?

Secara simpel, local SEO adalah jenis SEO yang bisa membantu perusahaan dalam menjual produk atau jasanya dalam skala lokal, terutama pada perusahaan kecil atau multi local. Dalam prosesnya, SEO ini akan memasarkan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan kata kunci yang relevan di daerah lokal yang jadi tujuan. Untuk memakai SEO ini, Anda harus memakai Google Maps sebagai tool utama.

Layanan Utama dalam Local SEO

Sebagai salah satu jenis SEO, local SEO menawarkan suatu hal berbeda berkat berbagai layanan utama yang tersaji. Setidaknya ada lima layanan utama pada SEO ini, yaitu:

Situs Web Pelokalan

Layanan pertama yang dimiliki local SEO adalah situs web pelokalan. Lewat layanan ini, Anda bisa memasukkan nama kota, daerah, atau wilayah yang ingin Anda jadikan sasaran penjualan produk atau jasa. Layanan ini juga bisa membuat Anda mengetahui komunitas lokal di tempat yang Anda tuju lewat artikel atau informasi tentang mereka.

Mengklaim Daftar Google Bisnisku

Lewat layanan ini, Anda bisa membuat bisnis yang Anda lakoni muncul pada layanan pencarian lokal sekaligus Google Maps. Untuk bisa mendapatkan layanan ini, Anda harus memiliki GMB sebagai direktori online yang Anda punya.

Backlink yang Relevan dan Berkualitas

Sebagaimana jenis SEO lainnya, local SEO juga memerlukan backlink. Untungnya, anda bisa mengoptimasi SEO menggunakan Garuda SEO. Disini menyediakan backlink yang relevan dengan bisnis Anda, serta tentu saja berkualitas. Adapun backlink pada SEO ini berasal dari tautan website, blog, atau kutipan dari komunitas lokal yang Anda tuju. Semua backlink itu bisa mempermudah Anda dalam meningkatkan visibilitas pencarian terhadap target tempat lokal yang dituju.

Pengelola Ulasan dan Peringkat

Ulasan dan peringkat dari komunitas lokal sangat penting dalam mengoptimalkan local SEO. Untuk itulah, layanan ini hadir untuk Anda. Dengan layanan ini, Anda bisa menyortir mana ulasan yang relevan dan layak tampil ke publik. Hal serupa juga berlaku pada peringkat atau rating pemberian komunitas lokal.

Bangunan Kutipan

Ini adalah layanan terakhir dalam local SEO. Pada layanan ini, Anda dapat mencantumkan berbagai informasi soal perusahaan, mulai dari nama, alamat, sampai nomor kontak. Dengan adanya layanan ini, Anda bisa meningkatkan probabilitas pencarian pada bisnis Anda yang telah berbasis local SEO.

Cara Optimasi Google Maps

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, kalau Google Maps adalah salah satu tools dalam local SEO. Dengan tool ini, Anda bisa membuat produk atau jasa perusahaan Anda tersebar di lokasi yang diinginkan. Setidaknya ada tiga cara dalam mengoptimalkan tool ini, yaitu:

  • Pastikan lokasi atau komunitas lokal yang dituju sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
  • Pastikan produk atau jasa yang Anda tawarkan berbeda dari yang lain, sehingga komunitas lokal di lokasi yang Anda tuju jadi tertarik.
  • Pastikan pula kalau produk atau jasanya relevan dengan mereka.

Itulah sekelumit pembahasan soal local SEO. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda pelaku bisnis kecil atau multi local yang hendak mengoptimalkan SEO ini. Terima kasih.