5 Tips Memilih Playmat Bayi yang Aman

playmat bayi23 views

Playmat adalah matras empuk yang digunakan sebagai alas bermain bayi. Tidak hanya menjadi tempat bermain, playmat juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar bagi bayi. Soalnya, playmat biasa dirancang dengan berbagai warna dan gambar lucu, seperti binatang dan tanaman. Hal ini akan melatih visual bayi dalam mengenal lingkungan di sekitarnya.

Nah, jika kamu ingin membeli playmat bayi yang bagus dengan haraga yang sangat terjangkau tetapi berkualitas rekomendasi produk playmat bayi dari mothercare.co.id adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu.

Bagaimana Cara Memilih Playmat Bayi yang Tepat ?

Model dan bahan playmat cukup beraneka ragam. Untuk itulah, kita harus dengan cermat. Kalau tidak, si kecil bisa saja merasa tidak nyaman dan terluka.  Apalagi, tidak semua mainan bayi, termasuk playmat, memiliki standar keamanan yang baik. Nah, agar tidak salah pilih, berikut kami rangkum tips memilih playmat yang tepat untuk bayi.

1. Perhatikan ketebalan playmat

Mengingat playmat akan menjadi tempat bayi melakukan berbagai aktivitas, tentunya kamu perlu memastikan bahwa bahan playmat nyaman dan amanKamu bisa memilih playmat berbahan tebal. Biasanya, playmat ini dirancang cukup empuk dan lembut untuk mencegah bayi terbentur. 

2. Pastikan bahan playmat tidak mudah terkelupas

Bayi sering memasukkan benda asing ke dalam mulutnya untuk mengeksplorasi dan mengenal benda tersebut dari tekstur, serta rasanya. Bisa dikatakan bahwa ini adalah bagian dari proses belajarnya.

Namun, saat bayi berada di fase ini, tentu kamu perlu memperhatikannya agar benda-benda yang ia masukkan ke mulut tidak berbahaya. Begitu pula dalam memilih playmat. Agar si kecil tetap bisa bermain dengan aman, pastikan playmat yang kamu pilih tidak gampang terkelupas dan termakan olehnya, ya.

3. Pastikan playmat tidak bergelombang dan licin

Saat si kecil sudah aktif bergerak, kamu perlu mencari playmat dengan permukaan rata tanpa gelombang. Kalau tidak, bisa-bisa bayi akan terpeleset dan jatuh, yang membuat tangan dan kakinya terkilir.

Selain itu, kamu juga bisa memilih playmat anti slip agar matras tidak mudah bergeser dan mengganggu aktivitas sang buah hati, seperti rekomendasi di bawah ini.

4. Pilih playmat yang mudah dibersihkan

Kotoran dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di playmat tentunya dapat membuat bayi jadi tidak nyaman, bahkan bisa berisiko menimbulkan penyakit. Jadi, tidak hanya memastikan playmat yang kamu pilih aman, kamu juga perlu mencari playmat yang anti bakteri dan mudah dibersihkan, seperti berikut ini.

5. Pilih playmat dengan gambar menarik

Tips terakhir adalah kamu perlu memilih playmat yang mampu menambah keceriaan buah hati. Misalnya, playmat dengan gambar dunia hewan, karakter huruf, dan angka untuk mengajarinya sejak dini,