5 Benda Wajib Punya Buat Camping

Gaya Hidup19 views

Camping adalah aktivitas seru untuk menjelajah alam yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga atau teman, yang biayanya bisa lebih murah dibanding aktivitas liburan lainnya. Selain bisa menghirup udara segar, bermain di air terjun, dan menikmati keindahan alam, camping juga bisa melatih gotong royong dalam membangun tenda dan berbagai printilan lainnya, serta menjaga kebersamaan.

Apalagi sekarang, sudah banyak sekali area-area wisata yang juga menyediakan lahan khusus untuk disewas sebagai tempat camping. Di area Bogor, Puncak, Sukabumi, Bandung, hingga Malang, biasanya menjadi destinasi utama yang terlintas jika kita ingin mencari area camping yang pas.

Tapi, meski biayanya terbilang murah, untuk bisa camping dengan nyaman, ada beberapa perlengkapan wajib yang harus kita persiapkan dari rumah. Biasanya, berbagai destinasi atau area untuk camping juga menyediakan perlengkapan camping untuk disewa. Tapi tentu, opsinya cukup terbatas.

Kalau kamu ingin mencoba camping pertama kalinya dan menjadikan aktivitas ini sebagai hobi baru, ada 5 benda wajib yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, yaitu:

Tenda dan sleeping bag yang berkualitas

Bukan camping namanya jika tanpa tenda. Oleh karena itulah, tenda harus menjadi hal pertama yang kamu beli dan persiapkan sebelum pergi camping. Berikut dengan sleeping bag dan matras sebagai alas untuk tidur agar lebih nyaman.

Tenda camping sendiri jenisnya cukup beragam, dari yang harganya murah sampai yang harganya mahal. Tentunya, dengan spesifikasi dan cara pasang yang berbeda-beda juga.

Ada tiga hal utama yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih tenda untuk camping. Pertama adalah besaran kapasitasnya. Akan ada berapa orang yang ikut camping dan bermalam di tenda? Yang kedua adalah lokasi penggunaan tenda camping. Jika lokasi camping berada di gunung atau perbukitan, maka sebaiknya pilih tenda dengan fitur waterproof untuk berjaga-jaga ketika hujan. Yang ketiga adalah lapisan tenda. Kalau lokasi camping berada di tempat panas seperti pantai, maka tenda dengan satu lapis bisa menjadi pilihan pas sehingga tidak terlalu panas.

Di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, tenda camping bisa ditemukan dan didapat dengan mudah. Ada banyak sekali merk dan varian tenda camping yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu contohnya adalah brand ALLTREK Indonesia yang menjual Tenda Camping Rinnezic Otomatis dengan fitur waterproof yang muat untuk kapasitas 3 – 4 orang. Tenda satu ini dibanderol dengan harga Rp735.000.

Kalau butuh tenda yang ukurannya lebih besar dan desainnya kokoh, ada juga Tenda Camping Tentastic dari ALLTREK yang memiliki ruang untuk 1 kamar tidur dan 1 guest room dan muat untuk kapasitas 6 – 8 orang. Tentunya, harga tenda ini lebih mahal dibandingkan Tenda Rinnezic, yaitu sebesar Rp2.650.000.

Kalau belanja di Tokopedia atau e-commerce lainnya, kamu bisa membeli tenda camping dengan cicilan menggunakan Kredivo. Kredivo dikenal sebagai aplikasi kredit HP tanpa DP yang bisa cicilan 0% dan bisa memberikan limit cukup besar, maksimal sampai Rp 30 juta. Tapi, banyak yang mungkin belum tahu kalau Kredivo nggak hanya bisa dipakai untuk kredit HP, melainkan untuk mencicil kebutuhan lainnya, seperti tenda camping.

Iya, kamu bisa membeli tenda camping dari ALLTREK atau brand lainnya dengan cicilan pakai Kredivo, selama minimal transaksinya Rp 500 ribu ke atas. Untuk cicilan, Kredivo menyediakan opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan, ataupun cicilan dengan bunga 2.6% per bulan tapi opsi tenornya bis lebih panjang, yaitu 6 – 12 bulan. Tertarik coba?

Kompor portable beserta alat masak dan alat makannya

Salah satu hal yang membuat aktivitas camping jadi lebih seru adalah bagian masak-masak dan mengolah bahan makanan yang sudah kita bawa dari rumah. Bedanya, kompor, alat masak, dan alat makan untuk camping biasanya punya bentuk yang lebih kecil dan desain minimalis untuk memudahkan kita membawa barang tersebut ke lokasi camping dan tidak terlalu berat.

Kompor mini portable yang menggunakan gas portable, menjadi salah satu alat yang perlu dibawa agar kita bisa memasak selama camping. Tapi, jangan khawatir, harga  kompor ini cukup terjangkau, kok, mulai dari Rp150.000-an, dan satu kaleng gasnya sekitar Rp25.000-an.

Senter, headlamp, dan power bank

Kalau lokasi camping-mu berada di perbukitan atau hutan yang tidak ada fasilitas pendukung tambahan dari pengelola, maka senter, headlamp, dan power bank menjadi tiga benda wajib lainnya yang harus dibawa saat camping. Ketiga alat ini akan sangat membantu saat tengah malam harus ke toilet, misalnya, atau gadget kita kehabisan baterai di malam hari.

Obat-obatan P3K

Supaya lebih aman selama aktivitas camping, jangan lupa juga untuk menyiapkan aneka obat-obatan pribadi yang sesuai untukmu dan anggota camping lainnya. Sebab, jika sewaktu-waktu ada yang sakit dan perlu obat segera, kamu bisa mengandalkan kotak P3K yang sudah dibawa, alih-alih mencari warung atau apotik yang biasanya terletak jauh dari lokasi camping.

Jaket anti angin dan sepatu yang sesuai

Dua benda tambahan yang nggak kalah penting adalah jaket yang tahan angin dan sepatu yang sesuai medan camping. Jaket tahan angin bisa sangat membantu saat sore atau malam hari, untuk menghadapi cuaca dingin jika kamu camping di lokasi pegunungan. Selain itu, sepatu yang nyaman dan didesain untuk outdoor juga bisa membantu kamu bebas bergerak selama berada di lokasi camping.